by

Di Bulan Suci Ramadhan Kiat Minum Obat yang Tidak Membatalkan Puasa

 

 

AHC – BANDA ACEH : Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang dimana setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Bulan yang Allah janjikan sebagai momentum melipatgandakan pahala harus juga dibarengi dengan kondisi tubuh yang fit dan prima. Sabtu, 10 /04 /2021. 

“Mens sana in corpore sano”, dapat diartikan dengan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Istilah latin yang familiar kita dengar yakni menggambarkan pentingnya menjaga kesehatan agar terciptanya jiwa yang sehat dan kuat sehingga kita dapat tetap fokus untuk beribadah.

Beberapa kesulitan yang bisa saja ditemukan oleh masyarakat awam setiap berpuasa yaitu terkait bagaimana cara mengonsumsi obat meskipun saat berpuasa dan menjaga kesehatan agar tetap fit dan prima dalam menjalani ibadah.

Beriku tips bagaimana cara mengkonsumsi obat meskipun pada saat berpuasa.
1. Obat yang diminum SATU KALI SEHARI
Diminum saat sahur ATAU berbuka

2. Obat yang diminum DUA KALI SEHARI
Diminum saat sahur DAN berbuka

3. Obat yang diminum TIGA KALI SEHARI
Diminum saat berbuka pukul 19.00
Diminum pukul 24.00
Diminum saat sahur pukul 05.00

4. Obat yang diminum EMPAT KALI SEHARI
Diminum saat berbuka pukul 19.00
Diminum pukul 23.00
Diminum pukul 02.00
Diminum saat sahur pukul 05.00

Penggunaan obat yang sudah diresepkan dokter harus dikonsumsi sesuai dengan pola jam yang sudah disarankan dokter agar menghasilkan terapi yang adekuat.
– Apabila obat yang diminum harus dikonsumsi sebelum makan, artinya dikonsumsi sekitar 30 sebelum makan.
– Apabila obat yang diminum harus dikonsumsi setelah makan, artinya kira-kira setelah 5-10 setelah lambung terisi makanan.

Meskipun beberapa tips yang diberikan bagi kelompok yang sedang sakit atau mereka yang diharuskan untuk terus mengonsumsi obat seperti pada penderita diabetes melitus, hipertensi dan penyakit penyakit kronis lainnya. Kita yang Alhamdulillah, Allah beri kesehatan juga harus menjaga tubuh agar tetap sehat dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi disetiap sahur dan berbuka, perbanyak makanan serat, minum air minimal 8 gelas per hari, rutin berolahraga setiap 15-30 menit dalam sehari.

Menurut T. Andi Syahputra, yang juga Direktur Daerah Lembaga Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat BKPRMI mengatakan “Kondisi tubuh yang sehat ialah aset dan modal untuk menjalankan ibadah yang lancar. Maka dari itu, penting dari kita untuk menjaga dan melindungi diri dengan tidak bosan-bosannya dengan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat. Pastikan saat keluar dari rumah ketika hendak mencari makanan bukaan dengan menggunakan masker.”

Dengan pemahaman yang telah diberikan ini semoga dapat memberikan pemahaman sehingga menghasilkan kondisi tubuh yang fit dan prima di Bulan Suci Ramadhan dan kita lancar dalam menjalankan ibadah puasa dan shalat sunah-sunah lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan pahala dengan sebanyak-banyaknya di bulan yang berkah ini. Sabtu, 10 /04 /2021 ( * )