by

Tim Gabungan Berjibaku Memadamkan Api Lahan Gambut DI Desa Lami.

Tim Gabungan Berjibaku Memadamkan Api Di Lahan Gambut DI Desa Lami.

 

AHC  – | NAGAN RAYA  : Kebakaran lahan kebun sawit terjadi di Desa Lami Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Personil gabungan yang terdiri dari Personil Kompi 3 Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Aceh di bantu oleh Polres Nagan Raya, Kodim 0116 Nagan Raya, BPBD Nagan Raya dan masyarakat desa setempat berupaya memadamkan kebakaran tersebut.

“Lokasi terbakar di Dusun Gagak Desa Lami sedang dalam proses pemadaman dan pendinginan,” kata Dansat Brimob Polda Aceh Kombes Pol Selamat Topan S.I.K,M.Si melalui Danki 3 Batalyon C Pelopor Iptu Nurdin, Jumat (18/02/2021).

“Peralatan yang digunakan saat pemadaman berupa mini striker, mesin Robin, selang dan alat manual seperti dahan kayu basah, kebakaran sudah terjadi sejak 3 hari lalu,” jelas Iptu Nurdin.

“Sebab, lahan di lokasi tersebut berstruktur gambut yang mudah terbakar dan menjalar. Ditambah lagi sumber air yang jauh karena musim kemarau. Jadi kita tetap di sini dulu untuk berjaga-jaga,” ujar Iptu Nurdin.

Tim gabungan terdiri atas 25 personil sedang berjibaku memadamkan lahan tersebut. Sedangkan pihak kewilayahan dalam hal ini Polres Nagan Raya saat ini tengah menyelidiki penyebab kebakaran di lahan milik masyarakat tersebut.

“Kita masih selidiki siapa pemilik lahan, apakah dia sengaja membakar atau bagaimana, serta dari mana sumber api berasal. Saksi-saksi kita mintai keterangannya untuk kepentingan penyelidikan itu,” kata Kapolres Nagan Raya AKBP Risno S.I.K. Jum,at 19 /02 ( * )