oleh

Ratusan Personel Brimob Bersama Personel Polres Nagan Raya Gelar Simulasi Penanganan Unjuk Rasa dan Penanggulangan Teror.

 

ACEH HEBAT. COM | NAGAN RAYA : Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Aceh bersama Polres Nagan Raya melaksanakan Simulasi drill lapangan Sispamwil di alun-alun Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya. Selasa, (29/11/2022).

Kapolres Nagan Raya AKBP Setyawan Eko Prasetya,S.I.K.,Ketua DPRK Nagan Raya, Jonniadi, Danyon C Pelopor Kompol Usman,S.E.,M.M., dan para PJU Polres Nagan Raya beserta Forkompinda Kabupaten Nagan Raya turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Polres Nagan Raya bersama Satbrimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor memantapkan persiapannya dalam menghadapi pesta demokrasi 2023 dan 2024, berbagai upaya pengamanan telah dipersiapkan sedini mungkin. Dan hari ini Personel PHH Brimob bersama Personel Polres Nagan Raya melaksanakan latihan simulasi drill lapangan Sispamwil dari tahapan lintas ganti dalmas ke Kompi PHH Brimob dilanjutkan dengan penandatanganan teror bom dan penanganan wanteror,” kata Kapolres Nagan Raya.

Terakhir ia berharap, “Dengannya adanya gladi simulasi Sispamwil pasukan PHH Satbrimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor dan personel Polres Nagan Raya dapat meningkatkan kekompakan dan kesolidan kelompok. Karena Polri adalah garda terdepan dalam menangani unjuk rasa atau penyampaian pendapat di masyaralat umum, ” tandas AKBP Setyawan Eko Prasetya.

Dalam kesempatan lain Danyon C Pelopor Kompol Usman,S.E.,M.M. mengatakan latihan simulasi ini dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan dalam hal menangani unjuk rasa atau penyampaian pendapat dimuka umum. Tindakan yang diberikan adalah oleh Dalmas awal menggunakan kendali tangan kosong lunak (pasif). Selanjutnya di simulasikan situasi meningkat ke situasi Kuning. Anggota dalmas memberikan tindakan yaitu dengan kendali tangan kosong keras (aktif). Setelah semua massa tidak dapat di kendali lagi oleh pasukan dalmas (situasi Merah) masuklah Pasukan Huru Hara dari Brimob untuk membubarkan massa yang mulai anarkis atau merusak fasilitass umum.

“Setelah itu, diasumsikan ditemukan bahan peledak sehingga satu regu unit Jibom melaksanakan disposal terhadap bahan peledak tersebut dan di akhiri oleh penanganan aksi teror oleh tim wanteror dari Satuan Brimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor,” ungkap Danyon Brimob. ( * )