by

Pra TMMD Kodim 0116/Nagan Raya Ke -13 Dimulai.

 

AHC | Nagan Raya  : Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Kodim 0116/Nagan Raya secara resmi belum dimulai. Namun, Tim satgas TMMD yang sudah ada telah melaksanakan kegiatan awal yaitu Pra TMMD bersama masyarakat yang ada di, Gampong Cot Kumbang Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh.

Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Tony Setyo Widodo selaku Dansatgas TMMD menjelaskan, kegiatan pra TMMD sudah mulai dilakukan. Menurutnya, atas dasar berbagai pertimbangan kegiatan Pra TMMD perlu dilakukan, karena khawatir adanya kendala tak terduga seperti cuaca hujan sehingga selama 30 hari kegiatan TMMD tidak cukup waktu dan kurang maksimal.

“Selain khawatir waktu tidak mencukupi, Pra TMMD ini juga bertujuan supaya kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Satgas TMMD lebih ringan, karena sudah didahului dengan Pra TMMD dari segi pekerjaan, sehingga hasil akhirnya nanti maksimal” ungkap Dandim 0116/Nagan Raya, Rabu (4/5/2022).

Lebih lanjut Letkol Inf Tony Setyo Widodo mengatakan, pihaknya berharap program TMMD tersebut akan memberi nilai silaturrahmi kemanunggalan TNI dengan rakyat secara nyata di lapangan, sesuai dengan tema TMMD 113 di seluruh Indonesia “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri”.

Pra TMMD ke-113 dimulai pada tanggal 4 sampai dengan tanggal 10 Mei 2022, sedangkan untuk pelaksanaan TMMD nya dilaksanakan pada tanggal 11 Mei sampai dengan 11 Juni 2022 dengan sasaran fisik pengerjaan pembukaan jalan sepanjang 2 Km selebar 6 meter, pembuatan parit kanan kiri jalan sepanjang 2 Km juga dengan lebar 1 meter, pengerjaan 3 Box culvert panjang 2,6 meter dan lebar 6 meter.

“Pembukaan jalan ini dimaksudkan agar nantinya bisa dipakai untuk masyarakat agar lebih mudah dalam kegiatan sehari-hari atau kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa di kerjakan lebih cepat,” tuturnya.

Tidak hanya itu, sasaran non fisik TMMD 113 Kodim 0116/Nagan Raya juga memberikan berbagai penyuluhan kepada masyarakat setempat diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan Narkoba dan Penyuluhan kesehatan tentang Posyandu, Posbindu PTM, serta stunting bekerja sama dengan Dinas terkait

Satgas TMMD 113 Kodim 0116/Nagan Raya bersama perangkat desa Cot Kumbang juga memberikan wadah kepada anak-anak untuk mengasah kemampuan religi anak dalam lomba adzan dan mengaji nantinya. ( * )