by

Giat Satgas TMMD Kodim 0116 Nagan Raya Bersama Masyarakat Untuk Pembuatan Papan Mall Jembatan

 

AHC | Nagan Raya : Satgas TMMD Kodim 0116/Nagan Raya melaksanakan pembuatan papan mal jembatan papan mal yang berfungsi untuk menahan curahan adukan dan pembentukan pondasi dari semen, pengerjaannya dilakukan di lokasi pembuatan jembatan di Desa Cot Kumbang Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Jumat(13/05/2022).

Pembuatan papan mal pondasi jembatan tidak memakan waktu yang lama, namun pembangunan dan pengecoran pondasi jembatan yang memakan waktu lumayan lama, karena terkait dengan kualitas jembatan. Terutama pondasi harus memiliki kekuatan dan masa pembukaan papan mal juga harus menunggu beberapa hari sampai semen coran benar-benar kering maksimal.

Salah satu tukang satgas TMMD Serda Suryanto mengatakan, papan mal yang dibuat harus teliti dan semaksimal mungkin guna mencegah adukan semen tidak tumpah kemana-mana.

“Ini kita buat biar semen tidak tumpah, nanti kalau tidak ada mal, tiang pondasi tidak terbentuk dan bahan material adukan semen habis semua, jadi ini salah satu fungsinya,” jelas Serda Suryanto.

Untuk itu perbandingan pasir, batu dan semen untuk pengerjaan coran harus benar-benar diperhatikan dan pekerjaan belum bisa dilanjutkan sebelum coran benar-benar kering dan padat.

Lebih lanjut dikatakan, dalam hal pengecoran,pembentukan tiang dan pembentukan badan jembatan penggunaan papan mal sangat dibutuhkan, karena papan mal ini adalah awal dari bentuk yang nantinya akan dibuat, mall merupakan cetakan dan penahan semen untuk membentuk suatu bangunan.

“Syukurnya untuk bahan kayu yg dijadikan papan masih gampang kita temukan, karena papan mal merupakan bahan yang sepele dan simpel tapi fungsinya sangat menentukan dalam suatu bangunan,” tuturnya. Jum,at. 13/05/2022. ( * )