by

Danrem 012 Teuku umar Tutup Secara Resmi TMMD ke 113 Dandim 0116 Nagan Raya.

 

AHC | NAGAN RAYA : Kegiatan TMMD Ke 113 Dandim 0116 Nagan Raya Resmi ditutup oleh Danrem 012 Teuku umar Kolonel Infantri Riyanto, S.I.P.Acara tersebut berlangsung di Pendopo Bupati setempat, secara sederhana. Rabu (09/06/2022).

Dalam sambutannya, Danrem 012 Teuku membacakan amanat dari Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan mengatakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI, POLRI, kementerian/ lembaga pemerintah non kementerian dan  pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya. Ujarnya.

“Selaku penanggung jawab keberhasilan operasi (PKO) TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang kita inginkan” Imbuhnya.

Dikatakan, pelaksanaannya secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, miskin, terisolasi, terpencil, daerah perbatasan/ pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana, papar Danrem.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong royong untuk membangun daerah masing – masing sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita,” ajaknya.

“Dengan telah berakhirnya TMMD ke-113 ini, saya berpesan kepada kita semua, khususnya kepada anggota satgas TMMD serta masyarakat agar terus menjaga kebersamaan sekaligus kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah kita masing – masing menjadi lebih maju, sehingga kita dapat bersaing dengan wilayah lainnya,” tutup Danrem.

Sebelumnya Dandim 0116/Nagan Raya Letnan Kolonel Infantri Tony Setyo Widodo sebagai Dansatgas TMMD ke-113 menyampaikan laporannya bahwa, hasil TMMD Reguler tahun Anggaran 2022 mengatakan waktu pelaksanaan mulai tanggal 11 Mei – 09 Juni 2022 tempat pelaksanaan Desa Cot Kumbang-Ujung Fatihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya.

Hasil yang dicapai, sasaran fisik pembukaan jalan baru sepanjang 2000 M X 6 Meter, kemudian pembuatan parit kiri dan kanan dengan panjang 2000 X 1 M dan pembuatan Box Culvert sebanyaj 4 unit ukuran 2,6 M X 6 M. Dandim 0116 Nagan Raya menjelaskan.

Dandim juga menyebutkan, jumlah personil yang terlibat pada kegiatan TMMD ini sebanyak 150 orang dengan pagu anggaran sebesar Rp. 1,5 milyar bersumber dari APBK Kabupaten Nagan Raya Tahun 2022. Pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham SE, atas nama pemerintah daerah mengucap terima kasih yang setinggi-tingginya kepada TNI, menurutnya pelaksanaan TMMD telah selesai dengan lancar, sehingga sasaran kegiatan baik fisik maupun nonfisik tercapai dengan baik. Ujar Jamin Idham.

“TMMD merupakan ajang tali silaturahmi antara instansi terkait dengan tujuan untuk membatu pemerintah daerah dalam pembangunan dan perlu kita tingkatkan dimasa yang akan datang” jelas Bupati.

Diakhir pidatonya, Bupati Jamin Idham, mengajak masyarakat untuk memelihara dan merawat apa yang sudah diperbuat oleh Kodim 0116/Nara sehingga bisa dapat dirasakan manfaatnya untuk semua masyarakat. pungkasnya.

Acara penutupan TMMD 113 Kodim 0116 Kabupaten Nagan Raya ditandai kegiatan penanda tanganan dan penyerahan naskah berita acara hasil kegiatan TMMD Ke 113 TA 2022 dari Dandim 0113 Nagan Raya kepada Bupati Nagan Raya.

Dalam kegiatan tersebut Turut hadir Danrem 012/TU, Kolonel Inf Riyanto S.I. LO TNI AL Kodam IM, Kolonel Mar Drs. Catur Joko Wahyono Pamen Ahli Pangdam IM, Kolonel Kav Sindhu Hanggara para Asisten dan Staf Ahli ,Unsur Forkompinda setempat.dan Keuchik, cot kumbang Kamis, 09/06’2022.( * )