by

Dalam Kondisi Pandemi Kodim 0116 Nagan Raya, Dukung Program Pemerintah, Megelar Lomba Tari Kresi. 

Dalam Kondisi Pandemi Kodim 0116 Nagan Raya, Dukung Program Pemerintah, Megelar Lomba Tari Kresi.

 

NAGAN RAYA – | ACEH HEBAT.  Dalam rangka meningkatkan semangat generasi muda dalam mencintai budaya bangsa Kodim 0116/Nagan Raya menggelar Lomba Tari Kreasi tingkat Koramil/Posramil jajaran wilayah Kodim 0116/Nagan Raya, Kamis (1/10).

Sebanyak 45 penari dari perwakilan 9 grup tari perwakilan Kecamatan di wilayah Kabupaten Nagan Raya, mengikuti lomba tari kreasi yang diselenggarakan Kodim 0116/Nagan Raya dilapangan Makodim setempat.

Tujuan diselenggarakannya lomba tari kreasi ini untuk membentuk SDM (Sumber Daya Manusia) Kreatif, Inovatif dan Adaptif menjadi tema dalam perlombaan Tari Komsos Kreatif Kodim 0116/Nagan Raya tahun 2020.

Lomba tari ini sengaja diselenggarakan di Lapangan Makodim 0116/Nagan Raya agar masyarakat tidak berkerumun atau berkumpul dimassa pandemic covid 19 ini, karena berkerumun atau berkumpul adalah tindakan penting yang dilakukan untuk menghentikan atau setidaknya memperlambat kecepatan penyebaran virus corona (COVID-19).

Pada kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasdim 0116/Nara Mayor Inf Samil Fuddin, S.H mewakili Dandim 0116/Nara Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P, M.I, Pol.

Dihadapan peserta lomba Kasdim 0116/Nara Mayor Inf Samil Fuddin, S.H mewakili Dandim 0116/Nara Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P, M.I, Pol menyampaikan, kegiatan lomba ini merupakan salah satu cara dalam rangka pembinaan mental kepada generasi muda, khususnya kepada pelajar dan mahasiswa.

“Hal ini penting mengingat semakin banyaknya budaya-budaya dari luar yang masuk ke negara kita dan mulai mengikis budaya asli nasional. Seperti yang kita ketahui bersama, semangat generasi muda dalam mencintai budaya bangsa sendiri sudah mulai memudar,” ujarnya.

Dikatakan juga olehnya, lomba tari yang bertemakan perjuangan ini diselenggarakan, dengan harapan dapat membangkitkan semangat jiwa patriotisme, menanamkan kembali nilai-nilai perjuangan serta rasa kebangsaan kepada para generasi muda.

“Selain itu juga sebagai upaya untuk mempertahankan dan mengangkat kearifan budaya daerah melalui tari kreatif dan sebagai ajang untuk mengasah dan melatih kemampuan para peserta guna mendapat prestasi yang lebih baik,” ungkapnya.
Perlu diketahui bagi pemenang akan mewakili Kodim 0116/Nara pada ajang yang sama yang diselenggarakan oleh Komando Atas, dengan tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas.

Adapun sebagai pemenang dalam lomba tari kreasi yang diselenggarakan Kodim 0116/Nara juara pertama diraih Kecamatan Suka Makmue, juara 2 Tripa Makmur dan juara ketiga Seunagan.

Sedangkan Kecamatan Kuala mendapatkan juara Harapan. Masing-masing pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan termasuk piagam dari Dandim 0116/Nara Letkol Inf Guruh Tjahyono.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Persit KCK Cab XL Dim 0116 Ny. Dinna Guruh Tjahyono didampingi Wakil Ketua Ny. Veda Sammil Fuddin, Para Perwira Staf, Danramil dan Danposramil Kodim 0116/Nara serta para Prajurit. Kamis, 01 /10 (* )