by

Babinsa Gerak Cepat dan Tanggap Bantu Evakuasi Pohon Tumbang.

 

AHC  | NAGAN RAYA : Babinsa Ujung Fatihah Koramil 0116-01/Kuala Kodim 0116/Nagan Raya bersama petugas pemadam kebakaran Kabupaten Nagan Raya beserta masyarakat setempat melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa ruas jalan di Jalan Simpang Peut-Tapak Tuan Desa Ujung Fatihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Jumat, 21 Januari 2022

Pohon tumbang itu terjadi saat karena angin kencang, beruntung saat terjadinya pohon tumbang tidak ada masyarakat yang sedang melintas, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Serka Zulfikar yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di daerah lokasi tumbangnya pohon, begitu mendapat informasi langsung melakukan gerak cepat dengan mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna membantu evakuasi pohon tumbang tersebut.

Disela-sela evakuasi, Serka Zulfikar menyampaikan bahwa dengan kecepatan penanganan bencana seperti ini, kerugian akan dapat diminimalisir, apalagi pohon tumbang ini menimpa badan jalan. Untuk itu harus segera dilakukan pembersihan agar lalu lintas bisa kembali berjalan normal.

Serka Zulfikar juga menjelaskan, tumbangnya pohon sesuai informasi yang didapat terjadi sekitar pukul 06.20 WIB, akibat angin kencang.

“Untuk mengatasi hal tersebut, selaku Babinsa harus bergerak cepat membantu evakuasi dan mengajak masyarakat membersihkan pohon tumbang tersebut.” Ungkapnya.

Menurut Serka saya juga sudah menghubungi instansi terkait untuk melakukan upaya dan tindakan dalam evakuasi pohon yang tumbang ini.

“Saya berkewajiban untuk mengingatkan dan menghimbau semua pihak khususnya warga masyarakat, dengan keadaan kondisi cuaca saat ini untuk berhati-hati dan mengantisipasi segala kemungkinan bencana yang timbul,”Ujarnya.

Lanjut kata dia Bencana Alam yang perlu diantisipasi diantaranya banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang yang dapat menyebabkan kerugian materiil bahkan korban jiwa. Jum’at. 21/01/2022. ( * )