by

Komunitas Di Nagan Raya Ajak Masyarakat Kawal Demokrasi Pilchiksung Dan Pimilu 2024.

 

AHC | NAGAN RAYA : Komunitas Ampon Senior Awak Gampong ( ASAG ) Kabupaten Nagan Raya gelar Diskusi Penindakan Pelanggaran Pilkada, Pileg dan Pilchilsung yang sudah di ambang pintu Bersama Panwaslih Nagan Raya sekaligus Ngopi Bareng di Warkop Wareh Gampong Lung Barou Kecamatan Suka Makmue.

Koordinator Komunitas Ampoon Senior Awak Gampong (ASAG) Zubir. S.AB. M.SI yang sebagai Nara sumbernya dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Nagan Raya.

Dalam diskusi tersebut berlaju tentang dugaan pelanggaran Pileg, Pilkada dan Pilchiksung yang di laksanaka pada tanggal 9 Deseber dan tentang pemilihan tahun 2024 dalam kabupaten Nagan Raya mendatang. Sabtu, 27/11/2021.

Dalam diskusi tersebut hadir langsung Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Panwaslih Nagan Raya Said Syahrul Rahmad, SH.MH dan Sekretariat Panwaslih Jailani SP.

Said Rahmad menyampaikan penindakan-penindakan yang terjadi dilapangan saat sebelum maupun sesudah pasca pemilihan dan regulasi pelanggaran serta hukumnya.

Dalam diskusi tersebut Kordiv HPPS memberi pemahaman kepada peserta tentang beberapa jenis dugaan pelanggaran pemilu atau pemilihan baik bersifat pidana, administratif dan etik serta pelanggaran dalam bentuk lainnya. Ucap Said.

“Dalam tahapan pelaksanaan pemilu/pemilihan tahun 2024 nanti, mari sama-sama kita awasi pelaksanaan pemilu/pemilihan disetiap tahapan. Jika terdapat dugaan pelanggaran pemilu, silahkan laporkan ke Panwaslih Nagan Raya untuk diteruskan proses penindakan.

Iayanya mengucapkan terima kasih kepada komunitas Ampoon Senior yang telah bersedia menjadi pihak yang siap mengawasi dan siap melaporkan apabila terjadi dugaaan pelanggaran ” terang Said.

Sementara itu, Ketua Komunitas ASAG Zubir S.AB, M. Si mengatakan kegiatan ini kita gelar dalam rangka untuk menurunnya angka pelanggaran Pilchiksung dan Pileg maupun Pilkada di tahun 2024 mendatang.

“Kita juga mengajak rekan-rekan Ampoon Senior Awak Gampong (ASAG) serta masyarakat Nagan Raya untuk mengawal Pesta demokrasi ditahun 2024 mendatang,” katanya.

Ia mengingat saat ini ada sebanyak 178 Desa/Gampong di Nagan Raya yang sedang dalam tahapan Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) yang dimana akan dilakukan pencoblosan pada tanggal 9 Desember 2021.

Bahkan dalam diskusi ini peserta yang mengikuti semakin aktif dan dibuat serius, apalagi menyinggung tentang money politic. Agar dalam pilchiksung nantinya P2K agar benar – benar kenetralan. Mengharapkan para Timses Calon Kapala Desa agar dengan sehat dalam memaparkan Visi dan Misi Calon yang didukung, pilihan berbeda itu biasa yang penting tetap meusyehdara. Tutup Zubir. Sabtu. 27/11/2021. [ * ]