oleh

Kepala SMP N.6 Kuala  Nagan Raya Beri Kado Kepada Guru Pada Momen Peringatan HGN ke-77

 

ACEH HEBAT. COM | NAGAN RAYA : Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-77 di SMP Negeri 6 Kuala Kabupaten Nagan Raya berlangsung khitmat, Kepala Sekolah berikan penghargaan berupa Kado kepada guru terfavorit, terinspirasi dan disiplin. Kegiatan upacara HGN yang berlangsung di halaman SMP Negeri 6 Kuala Sabtu (26/11/2022)

yang bertindak inspektur upacara Kepala SMP Negeri 6 Kuala Saiful, S. Pd. dan yang mengibarkan Bendera Merah Putih adalah Guru SMP Negeri 6 Kuala yaitu 1. Ismail, S. Pd. 2. Nova Susanti, S. Pd. dan 3. Merijal Mus, S. Pd. I. sedangkan yang menjadi Komandan Upacara adalah Suhermanto, A. Md.

Pada upacara hari guru kali ini mengusung tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”
Pada kesempatan itu, Bapak Saiful, S. Pd. membacakan amanat Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam amanat itu disampaikan, tiga tahun yang lalu, kita melepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar bernama merdeka belajar. Ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke sudah kita lewati. Laut dengan ombak tinggi dan angin kencang sudah kita hadapi, ketangguhan ini didorong oleh kita untuk mau berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman.

Tambah Saiful Hal ini juga di dorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaharuan yang membawa kita merapat masa depan. Kata Saiful, S. Pd.

“Mungkin diantara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau di dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan, memang pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman, jika masih nyaman itu artinya kita tidak berubah,” ujar Kepala SMP Negeri 6 Kuala saat membacakan amanat menteri tersebut.

Lebih lanjut, Kepala SMP Negeri 6 Kuala menambahkan sebenarnya bukan hanya guru yang terus di dorong untuk berubah, di Kemendikbudristek juga memacu diri untuk berinovasi mengubah cara pandang dan cara kerja dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik. Katanya.
“Saya berterima kasih kepada lebih dari 1,6 juta pengguna platform mardeka belajar, yakni para guru yang mau mencoba hal-hal baru, yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham, sudah waktunya untuk bertransformasi,” imbuhnya

Begitu pula dengan program persiapan calon guru masa depan kita, khususnya melalui transformasi program pendidik profesi guru (PPG) prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan metode inkuiri, dan membiasakan guru melakukan refleksi.

Kepala SMP Negeri 6 Kuala menambahkan, inovasi lainnya adalah kini perkuliahan PPG jauh lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus, dan masyarakat melalui sistem digital, semua ini bertujuan untuk melahirkan para pendidik sejati yang profesional dan adaptif yang terus memprioritaskan kebutuhan peserta didik, dan selalu bersemangat untuk berkolaborasi dalam berinovasi.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim di akhir amanat nya yang di bacakan Kepala SMP Negeri 6 Kuala Saiful, S. Pd. mengatakan ” Saya pun selalu yakin bahwa ide-ide brilian perlu di dukung dengan kesejahteraan para guru, untuk itulah kami saat ini juga terus memprioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan saya tidak menutup mata bahwa memang masih banyak hal yang perlu di sempurnakan dalam program ini, karena itu semua kita harus bergotong- royong agar target kita, yakni Satu juta guru di angkat jadi PPPK dapat terwujud,” pungkasnya.

Diakhir upacara, Kepala SMP Negeri 6 Kuala Kabupaten Nagan Raya memberikan Surat Keputusan (SK) dan Kado kepada tiga orang Guru yang yang menjadi guru favorit, terinspirasi dan disiplin sebagai penghargaan atas kiprahnya selama menjadi guru di SMP Negeri 6 Kuala. Pemberian penghargaan kepada ketiga guru tersebut berdasarkan angket yang disebarkan kepada seluruh siswa-siswi SMP Negeri 6 Kuala.

Guru yang terpilih melalui angket yang disebarkan kepada seluruh siswa SMP Nergeri 6 Kuala yaitu: Cut Emi Eviana, S. Pd. sebagai guru favorit, Merijall Mus, S. Pd. I. Sebagai guru terinpirasi dan Cut Rosni, S. Si. Sebagai guru disiplin.
Selain itu, diakhir upacara peringatan Hari Guru Nasional Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 6 Kuala juga melaksanakan beberapa perlombaan untuk guru dalam rangka memeriahkan HGN tersebut.

Adapun perlombaan yang dilaksanakan yaitu: perlombaan Kukur Kelapa, Tarik Tambang, Bola Sarung, membawa pimpong dengan sendok dan membawa balon bersama.

Dalam upacara tersebut Turut hadir Ketua Komite SMP Negeri 6 Kuala Bapak Sarjono (Abu Pabrek Tabieb Alp) yang turut memberikan sanbutannya pada Peringatan Upacara tersebut. Sabtu, 26/11/2022. ( * )