by

DPD – KNPI Nagan Raya Gelar Edukasi Wawasan Kebangsaan Kerja Sama Dengan  LKP Banita Putri Darul Makmur.

DPD – KNPI Nagan Raya Gelar Edukasi Wawasan Kebangsaan Kerja sama Dengan  LKP Banita Putri Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh. 

 

 

AHC – | NAGAN RAYA  : Dewan Pimpinan Daera Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD – KNPI) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh bersama LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Banita Putri Darul Makmur, bekerja sama melaksanakan program edukasi (Pendidikan)  Wawasan Kebangsaan kepada 38 peserta Pemuda(i) yang berada di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Setempat. Selasa, 09 Maret 2021.

Kegiatan tersebut diadakan di Sekretariat LKP Banita Putri, Desa Kuta Trieng Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya, dengan Pemateri tunggal yang disampaikan oleh  Ketua KNPI Nagan Raya Banta Diman, M.Si dan turut hadir Babinsa setempat.

Tema Kegiatan: ” Urgensi Wawasan Kebangsaan terhadap generasi Muda”

Dalam paparan materi Forum Group Discusion( FGD) yang berlangsung selama 2 jam tersebut, pemateri Banta Diman mengatakan bahwa  pemahaman wawasan kebangsaan bagi Pemuda adalah sesuatu yang wajib dipahami, karena hal tersebut merupakan pondasi awal embrio rasa Nasionalisme bagi Pemuda sebagai penerus kehidupan kebangsaan, serta kepemimpinan masa depan.

Selain itu, jelas Banta Diman, Wawasan Kebangsaan adalah cara cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Khususnya generasi muda, harus memahami identitas kita sebagai anak Bangsa. Bangsa yang kaya akan nilai-nilai sejarah, demografi, dan geografis,” jelas Banta Diman.

Lanjutnya, Ketua KNPI juga menyinggung perkara-perkara yang mengancam integrasi NKRI, baik berasal dari dalam maupun dari luar. Ancaman dari dalam seperti Saparatis, Korupsi, Sospol, Terorisme, Narkoba, Kesenjangan Ekonomi dan lain-lain.

Dan sementara ancaman dari luar tambahnya, bisa beragam baik ancaman Militer dan Non militer.

Selain itu, Ketua LKP Banita Putri Darul Makmur sangat mengapresiasi kerja sama dengan KNPI Nagan Raya dan kegiatan ini murni dari keikhlasan dan bentuk dedikasi LKP Banita Putri dan KNPI.

“Acaranya sederhana, tapi bermakna. Tidak ada dana, tapi berjalan nyaris sempurna. InsyaAllah kerja sama yang baik ini, akan berlanjut, kata Anita Andi, S.Pd, Ketua LKP Banita Putri. Selasa, 09 /03 /2021 (*)