by

Dihari Santri Nasional Bupati Nagan Raya Baca Amanat Menteri Agama RI. 

Dihari Santri Nasional Bupati Nagan Raya H.M.Jamin Idham.SE. Baca Amanat Menteri Agama RI. 

 

 

AHC | NAGAN RAYA : Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, bertindak sebagai inspektur upacara pada perayaan Hari Santri Nasional yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Senin 25/10/2021.

Pada upacara Hari Santri Nasional (HSN) tersebut, Bupati Jamin Idham membacakan amanat tertulis Menteri Agama RI.

Dalam amanat tersebut, dikatakan, peringatan HSN tahun ini yang mengangkat tema ‘santri siaga jiwa raga’ sangat penting dan relavan diera pandemi covid 19 seperti saat sekarang ini, dimana kaum santri tetap menjaga protokol kesehatan dan berdoa.

Hal ini perlu diperhatikan oleh seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya agar tetap menyiagakan jiwa raga demi kepentingan bangsa Indonesia.

“Tema peringatan HSN tahun ini adalah santri siaga jiwa dan raga dimaksudkan sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan tentang ilmu dan akhlak melainkan juga tazkiyatun, yaitu dengan mensucikan tirakat lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari .

Dalam sambutan tertulis itu, Bupati juga menyatakan Presiden RI, Ir H Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai HSN dan kita patut bersyukur karena kalangan pesantren pada tahun ini mendapatkan kado indah dari Presiden Joko Widodo berupa dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pendanaan Pesantren.

Peraturan tersebut khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya meningkatkan sumber manusia lewat pendidikan di pesantren.

“Oleh karena itu, melalui momen upacara ini mari kita bersama sama mendoakan para pahlawan terutama ulama, kiyai, santri yang telah syahid di medan perang demi keselamatan bangsa dan agama semoga arwah para pahlawan diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT,” pungkasnya.

Di akhir acara Bupati menyerahkan penghargaan kepada para santri Nagan Raya yang telah menghafal Alquran 11 sampai 20 juz. Turut berhadir pada acara tersebut unsur forkopimda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPK, Kemenag, Kabag Setdakab serta sejumlah undangan lainnya. Senin . 25 /10/2021. [*]