oleh

Total Jumlah Subsidi Pasar Murah Kabupaten Nagan Raya Mencapai Rp154.500.000 

 

ACEH HEBAT. CON  | NAGAN RAYA : Untuk menekan angka inflasi dan menstabilkan harga barang pokok di tengah-tengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya gelar Pasar Murah.

Kegiatan pasar murah perdana, dibuka langsung oleh Pj (Penjabat) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos.,M.Si yang berlokasi di halaman Kantor Camat Kuala, Gampong Ujong Fatihah, kabupaten setempat. Selasa (08/11/2022).

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany Farhas dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut berperan aktif dalam pelaksanaan operasi pasar murah ini.

Pj. Bupati menuturkan kegiatan pasar murah yang dilaksanakan hari ini memang secara rutin di laksanakan pada setiap tahunnya guna menjaga stabilitas harga barang pokok sehari-hari.

“Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah yang secara langsung kepada masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan bahan pokok,” ujar Fitriany.

Pasar murah ini, menurut Pj Bupati menjadi salah satu langkah strategis pemerintah untuk menekan laju inflasi, dan menjaga stabilitas harga, komoditas bahan pokok yang saat ini sebagian diantaranya melambung tinggi secara signifikan yang lazim disebut Inflasi.

“Pemerintah Kabupaten Nagan Raya terus berupaya menjaga ketersediaan barang dan kestabilan harga serta kelancaran distribusi barang sehingga masyarakat diharapkan mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari dengan baik,” pungkasnya.

Pasar murah ini menjual kebutuhan barang pokok yang telah disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, sehingga dapat diperoleh dengan harga yang relatif jauh lebih murah dari harga barang di pasaran dan dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

“Saya mengharapkan kepada masyarakat supaya memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin,” tutup Fitriany.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Perkoperasian dan UKM setempat, T Kamaruddin SP.,M.Si melaporkan kegiatan pasar murah ini merupakan agenda rutin yang dananya bersumber dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Disperindagkop dan UKM yang dianggarkan melalui APBK Nagan Raya.

Tujuan kegiatan ini menurut Kamaruddin, adalah untuk meringankan beban masyarakat akan kebutuhan pokok sehari-hari, yang saat ini mengalami kenaikkan akibat inflasi.

Kamaruddin menyampaikan, hari ini merupakan titik pertama pasar murah digelar yakni Gampong Ujong Fatihah Kecamatan Kuala dan selanjutkan akan diselenggarakan pada sepuluh titik lokasi lain di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya.

Sebagaimana diketahui pasar murah ini dilaksanakan mulai tanggal 8 – 17 November 2022 mendatang.

Adapun rincian jumlah barang dan harga yang disubsidi oleh pemerintah pada pasar murah kali ini yakni, Beras 10.000 kg dengan subsidi Rp 3000 per kg, Gula Pasir 12.000 ribu kg dengan Subsidi Rp 3000 per kg, minyak goreng 12.000 liter dengan Subsidi Rp 3000 per liter, kemudian, Tepung Terigu 7000 kg dengan Subsidi Rp 3000 per kg serta telur ayam 90.000 butir dengan subsidi 350 rupiah per butir.

Total jumlah subsidi dari pemerintah mencapai Rp154.500.000 (Seratus lima puluh empat juta lima ratus ribu rupiah).

Turut hadir Kajari Nagan Raya, perwakilan polres, perwakilan Kodim 0116 Nagan Raya, Kadis Perindagkop dan UKM, Para Kabag Setdakab, Para Camat, Keuchik Gampong Ujong Fatihah beserta Aparatur Gampong. ( * )