oleh

BIN Akan Membentuk Atau Memfasilitasi Pemuda Untuk membentuk Usaha Mikro Kecil Menengah.

 

ACEH HEBAT. COM |JAKARTA : Badan Intelijen Negara (BIN) akan memprioritaskan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, sebagai salah satu daerah dalam program amanah yang akan dikelola oleh pemuda untuk memajukan daerah.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Fitriany setelah dirinya melakukan kunjungan dan koordinasi dengan BIN di Jakarta. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan, sebab pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan dan kemajuan daerah.

“Pemuda merupakan tongkat estafet maju atau mundurnya suatu daerah. Oleh sebab itu, kita mengajak pemuda Nagan Raya untuk mengembangkan dan mendukung program amanah ini demi membangun daerah,” ujar Fitriany, Rabu (16/11/2022).

Fitriany menambahkan, program tersebut bertujuan untuk pembangunan ekonomi daerah melalui pemberdayaan pemuda-pemuda, jadi program itu sasaran memberdayakan pemuda agar lebih aktif berperan membangun perekonomian daerah.

“BIN akan membentuk atau memfasilitasi pemuda-pemuda untuk membentuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Juga akan memberdayakan santri di pesantren, kemudian komunitas anak muda, mereka akan mengelola UMKM, misalnya seperti peternakan bebek atau lele,” ujarnya.

Selain itu, BIN akan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya mencarikan anggaran untuk program tersebut, termasuk memfasilitasi untuk berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kementerian. Tujuannya untuk mengembangkan bakat dan memajukan daerah melalui SDM yang dimiliki Kabupaten Nagan Raya.

“Nanti kita akan mengumpulkan pemuda untuk diskusi tentang program-program apa saja yang dimiliki pemuda. Kemudian, akan kita coba padukan program tersebut untuk mengembangkan UMKM dan wirausaha. Ayo kita dukung program ini,” ajar Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany terkait program amanah dari BIN. ( * )