by

Warga Lima Desa Dibawah Pembinaan PT. BEL Nagan Raya Kecewa  Program CSR Tidak Terbuka.

Warga Lima Desa Dibawah Pembinaan PT. BEL Nagan Raya Kecewa  Program CSR Tidak Terbuka.

 

AHC | NAGAN RAYA : Puluhan Tokoh Masyarakat Ring 1 Binaan PT. Bara Energi Lestari ( PT. BEL ) yang berlokasi dalam lima Desa nyakni Desa Krueng Ceuko, Desa Paya Udeung, Desa Kuta Aceh , Desa Alue Buloh dan Desa Krueng Mangkom Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh. Minggu, 30/01/2022.

Mengelar jumpa Pers di salah satu Warung di Nagan Raya terkait dengan PT. Bara Energi Lestari ( BEL ) Yang dihadiri oleh Imum Mukim Paya Udeng, Keuchik, Ketua Pemuda dan serta Tokoh Masyarakat Gampong Binaan PT. BEL.

Hal ini berkaitan dengan Penyampaian Mosi Tidak Percaya terhadap PT. Bara Energi Lestari,( PT. BEL ) mosi tersebut berisi ketidak percayaannya 5 Gampong Binaan meliputi Gampong Krueng Ceuko, Gampong Paya Udeung, Gampong Kuta Aceh, Gampong Krueng Mangkom dan Gampong Alue Buloh Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya, terhadap Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) terhadap Gampong yang masuk kedalam IUP PT Bara Energi Lestari.

“Kami mendukung sepenuhnya adanya investasi di Nagan Raya, namun selama PT Bara Energi Lestari ( PT. BEL ) yang telah melakukan penambangan lebih dari 10 tahun, kami belum merasakan dampak signifikan terhadap masyarakat.

Padahal sumberdaya batu bara kami yang telah dikeruk bernilai puluhan hingga ratusan Miliar rupiah pertahun. Kami mencurigai adanya eror dalam penanganan tentang CSR, buktinya hingga saat ini, Gampong kami tidak mengetahui nilai CSR.

Dan tidak pernah diikut sertakan atau dilibatkan kami dalam penyusunan program CSR. Selain itu juga komunikasi antara Aparatur Gampong dengan BEL juga hingga saat ini kami nilai cukup bermasalah dan sulit.

Lalu kami juga menyorot mengenai Tenaga Kerja Lokal yang belum terserap optimal, tanggung jawab PT. BEL terhadap lubang tambang di Alue Buloh, serta kontrak yang telah disepakati antara PT. BEL dengan Gampong tidak direalisasikan oleh PT. BEL sampai sekarang. Kami sebelumnya merasa banyak dikibuli oleh PT.BEL, namun setelah Pelatihan yang diberikan GERAK, kami mulai paham dan sadar terhadap Hak – Hak kami sebagai Gampong Ring 1 yang dibawah Perusahaan PT. BEL” ujar Koordinator Kegiatan, T. Ridwan. S.Sos. SH. Kepada awak media.

Dalam Mosi tidak percaya tersebut, Tokoh Masyarakat menuntut adanya perubahan Management di PT. BEL yang selama ini dianggap sebagai faktor utama dari Tanggung Jawab Seosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) dan keharmonisan dengan Gampong sama sekali tidak berjalan dengan baik, yaitu Rahmad Zahri selaku KTT, Teguh Priadi selaku Kepala Divisi External dan Agus Salim selaku Kepala Departmen External, orang tersebut tolong di pindahkan ke tempat lain, dan jangan ada lagi Di PT.BEL.

“Sehingga Management PT. BEL yang baru diharapkan dapat memperbaiki Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan terhadap Gampong kedepannya”

Aparatur Gampong dan Tokoh Masyarakat Ring 1, melaui Koordinator aksi T. Ridwan turut di dampingi Khadir Ma’in dengan sapaan Tukim, menyampaikan bahwa sebelumnya Mosi Tidak Percaya tersebut sudah lebih dari 1 bulan dilayangkan surat ke Direktur PT. Bara Energi Lestari di Jakarta.

T. Ridwan juga menambahkan namun hingga saat ini belum ada balasan, sehingga kami mengambil inisiatif bersama Tokoh Masyarakat untuk mengadakan jumpa pers.

T. Ridwan menekankan apabila jika nanti muncul masyarakat atau tokoh masyarakat yg membela Perusahaan PT. BEL guna melawan Mosi ini, maka oknum tersebut dipastikan merupakan bagian dari Penghianat Gampong yang mencari keuntungan demi kepentingan pribadi. Tutur. T.Ridwan.

Disisi lain Khaidir Ma ‘in dengan sapaan Tukim juga menambahkan agar Mosi yang kami gelar segera dipenuhi , paling lambat satu minggu kedepan atau di pertengahan bulan Februari 2022, apabila tidak dipenuhi maka Gampong akan menuntut Perusahaan PT.BEL untuk angkat kaki dari Gampong Kami.

Kalau masih ada orang yang tiga tersebut Rahmad Zahri selaku KTT, Teguh Priadi selaku Kepala Divisi External dan Agus Salim selaku Kepala Departmen External. Kami akan turun massal ke lokasi. Minggu, 30/01/2022. ( * )