by

Warga Banyak Mengeluh Di Sektor Pertanian,  Karma Masih Banyak Tambang Emas, Polisi Akan Tertibkan Tambang Emas Ilegal Di Aceh Barat. 

 

AHC  | ACEH BARAT : Akhir-akhir ini tambang emas ilegal kerap terjadi di daerah Kecamatan Sungai Mas dan Kecamatan Pante Cermen Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh.

Dari pantauan Awak media sejumlah tenda dan alat berat melakukan aktivitas di area lokasi tambang emas tersebut, Senin (14/6)

Syamsul salah satu warga mengatakan, Kepada awak media pertambangan emas ilegal telah berlangsung lama, dan terkesan dibiarkan.

“Kami, masyarakat yang biasa berkebun mulai khawatir dengan kegiatan ini. Kami sudah tidak bisa beraktivitas lagi karena sebagian besar areal pertanian di wilayah Kecamatan Pantai Cermin dan Kecamatan Sungai Mas tidak jauh dari Desa kami, bahkan tidak bisa mengandalkan air sungai yang kini keruh,” ujarnya.

Akibat tambang emas ilegal itu juga mengancam ketersediaan air bersih masyarakat. Sejumlah desa di Pantai Cermin dan Sungai Mas memang mengandalkan air sungai untuk dikonsumsi dan kebutuhan harian. “Kami menggunakannya untuk kebutuhan air minum, mencuci pakaian dan memasak,”jelasnya

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda melalui Kasat Reskrim AKP Parmohonan Harahap di konfirmasi melalui WhatsApp , mengatakan, kita akan melakukan penertiban tambang emas ilegal di dalam Kabupaten Aceh Barat.

“Jika kedapatan ada informasi dari masyarakata sekitar akan kita lakukan penangkapan karena itu melanggar hukum,”jelas AKP Parmohonan

Kecuali itu penambang ada ijinnya seperti dari PT ataupun perusahaan bisa dilaksanakan tambang tersebut. Senin, 14/06’2021 ( * )