by

Tokoh Muda Tadu Raya : Setiap Gampong Harus Punya Dana Tanggap Bencana

Tokoh Muda Tadu Raya : Setiap Gampong Harus Punya Dana Tanggap Bencana

NAGAN RAYA. – | Aceh hebat. Salah satu tokoh Muda Tadu Raya Melihat bencana banjir yang terjadi di hampir seluruh Gampong di Nagan Raya, khususnya di Kecamatan Tadu Raya akibat hujan deras. Rabu, 29/07.

Agus Huri, S.Pd yang Juga Kepala SMP-IT Nurul Ikhwah Nagan Raya menyampaikan kepada awak media lewat Whatsapp secara singkat, memberi saran  kepada setiap Gampong agar memiliki dana yang khusus dialokasikan untuk tanggap bencana. “Alhamdulillah beberapa tahun terakhir Setiap Gampong memiliki Dana Desa.

Dimana Dana tersebut dapat digunakan untuk Pengembangan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG), sehingga Gampong memiliki penghasilan. ( PAG ) Nah, dari Penghasilan BUMG ini lah Gampong dapat membagi dananya untuk setiap kebutuhan masyarakat Gampong, salah satunya Tanggap Bencana”.

Menurutnya juga perlu kelapangan hati dari para aparatur Gampong khususnya Keuchik melihat potensi tersebut. Misalnya Setiap Gampong dapat mengalokasikan dana hasil BUMG nya untuk Tanggap Bencana 20%, untuk Bantuan Fakir Miskin/anak yatim 20%, untuk beasiswa santri  ( Aneuk beut” ) dan PHBI 20%, untuk santunan kematian 20% dan untuk pengelolaan BUMG 20%.

Agus  juga menambahkan Jika hal seperti ini dilakukan dengan baik, maka peran pemerintah Gampong akan dapat dirasakan oleh masyarakat, sehingga dapat mewujudkan Gampong yang sejahtera. Tutup Agus Rabu, 29/07 ( * )