by

TNI Siap Bantu Korban Banjir Di Aceh Jaya.

TNI Siap Bantu Korban Banjir di Aceh Jaya

Aceh Jaya –  Aceh hebat. Banjir kembali melanda beberapa Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya. Banjir ini terjadi akibat hujan yang mengguyur kabupaten tersebut sejak kemarin sore. Tercatat sampai saat ini terdapat dua Kecamatan yang mengalami banjir yaitu Kecamatan Darul Hikmah dan Setia Bakti. Namun yang terparah adalah Kecamatan Darul Hikmah.Ratusan rumah terendam air di dua kecamatan tersebut sejak tadi malam. 17/05.

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat, M. Han mengatakan pihaknya telah mengerahkan personil TNI ke lokasi banjir untuk memantau situasi dan siap membantu melakukan evakuasi jika sewaktu – waktu ketinggian air bertambah.

” Sejak tadi malam kita sudah bergerak ke lokasi – lokasi yang selama ini langganan banjir. Kita pantau situasi dan siap membantu melakukan evakuasi jika sewaktu – waktu ketinggian air bertambah,” kata Dandim, Minggu (17/5/2020).

Dandim menjelaskan ketinggian air yang memasuki pemukiman warga antara 30 – 100 cm meski sudah memasuki rumah – rumah namun hingga saat ini belum ada yang mengungsi.

” Sampai saat ini belum ada yang mengungsi. Kita bersama BPBK dan Tim SAR lainnya siap bekerja sama mengatasi banjir ini,”.

Personil TNI sampai saat ini masih berada di lokasi banjir untuk terus memantau situasi banjir,” tutup Dandim.

Sementara Destian Yurisfan Petugas Pusdalops-PB pada BPBK Aceh Jaya, kepada awak media mengatakan bahwa banjir yang melanda di beberapa kemukiman warga tersebut dengan Kedalaman air diperkiran rata-rata mencapai 20 cm hingga 100 cm dan Belum ada tanda-tanda warga di sana mengungsi,” kata petugas.
Ia menjelaskan, dua desa di Kecamatan Setia Bakti yang dilanda banjir adalah Desa Sapek, 53 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir, sedangkan di Desa Pante Kuyun, tercatat 30 KK. Di Kecamatan Darul Hikmah, terdapat 8 desa yang saat ini dilanda banjir.
“Desa Babah Dua dengan 50 KK, Lamteungoh, 85 kk, Desa Panton Krueng 21 KK, 186, Desa Ujong Rimba, 15 KK, Desa Paya Santeut 23 KK, Gampong Baro L, 17 KK, Masen 55 KK dan Desa Krueng Tho 33 KK,” ungkapnya.

lanjutnya destin saat ini di lokasi TRC BPBK Aceh Jaya juga melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi dengan perahu karet untuk mengecek debit air di titik banjir dan Tim juga mendata kerugian serta korban yang terdampak untuk memastikan bahwa tidak ada korban dalam kejadian tersebut

“Di lapangan juga turut dibantu masyarakat, TNI dan Polri. Kondisi saat ini pun, debit air untuk sementara masih terus meningkat, tutupnya. ( Aceh hebat / Fajri )