oleh

RSUD SIM Nagan Raya Sediakan Gedung Khusus Untuk Perawatan Pasien Covid-19

RSUD SIM Nagan Raya Sediakan Gedung Khusus Untuk Perawatan Pasien Covid-19

 

NAGAN RAYA – | Aceh hebat. Com. Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda (RSUD-SIM) Nagan Raya menyediakan gedung khusus untuk perawatan dan mengisolasi pasien positif covid-19.

Hal itu dibuktikan dengan peresmian gedung isolasi covid-19 yang dilakukan langsung oleh Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham di RSUD SIM Nagan Raya,Ujong Patihah, Kecamatan Kuala, Kamis, 13 Agustus 2020.

Saat penandatangan batu prasasti dan pemotongan pita, HM Jamin Idham didampingi oleh Direktur RSUD SIM, drg. Doni Asrin beserta para pimpinan Forkopimda Nagan Raya.

Dalam sambutannya Bupati HM Jamin Idham berharap gedung tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk mengisolasi dan merawat warga yang terpapar covid-19 sehingga mencegah penularan kepada pasien lainnya.

“Mudah-mudahan kedepan masyarakat kita yang terkonfirmasi positif, bisa ditampung dan dirawat di ruang isolasi ini,”ujarnya.

Dalam peresmian itu Bupati HM Jamin Idham juga meninjau langsung ruangan isolasi tersebut guna memastikan kelayakannya.

Untuk diketahui penyediaan ruang isolasi covid-19 ini dilakukan berdasarkan surat edaran gubernur dimana mewajibkan penyedian kamar 10% dari jumlah kamar yang ada di masing-masing rumah sakit seluruh Kabupaten/kota di Aceh.

Direktur RSUD SIM Nagan Raya, drg. Doni Asrin dalam sambutanya mengatakan penyediaan kamar tidur inipun melebihi target yang mana seharusnya 10% dari kamar yang tersedia di RSUD SIM berjumlah 143 kamar adalah 14 kamar isolasi , tapi pihaknya menyediakan sebanyak 16 kamar isolasi dan terdiri dari 5 bed dalam setiap kamarnya.

“Menindaklanjuti surat edaran itu sebelumnya yang sudah kita jalankan enam kamar, alhamdulillah kita lebih dari target, hari ini kita meresmikan 10 kamar lagi dan insya Allah ruangan ini akan kita jadikan ruang pinere (Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging),”ujar Direktur RSUD SIM, drg. Doni Asrin dalam penyambutannya, Kamis.

Dikatakanya juga olehnya apabila nantinya kasus covid-19 sudah hilang, maka ruangan tersebut akan digunakan untuk penempatan pasien-pasien dengan penyakit menular. Kamis, 13/08 ( * )