oleh

Puluhan CJH Nagan Raya Tahun 2022 Ikut Kesehatan Secara Gratis.

 

AHC | NAGAN RAYA : Pemerintah Kabupaten Nagan Raya gratiskan pemeriksaan kesehatan (medical check up) bagi calon jamaah haji (CJH). Pemeriksaan kesehatan berlangsung di Public Safety Center (PSC) 119, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Kamis (19/05/2022).

Bupati HM Jamin Idham, SE, saat meninjau kegiatan tersebut mengatakan, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya tahun 2022 memberangkatkan 35 orang CJH dan 7 orang cadangan sesuai kuota yang diberikan Pemerintah Pusat.

Menurutnya, jumlah jamaah yang berangkat dibatasi pemerintah mengingat kondisi masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Tujuannya adalah supaya tidak terjadi desak-desakan ketika berada disana nantinya,” ujar Bupati.

Ia juga berharap CJH Nagan Raya menjaga kesehatan, karena itu modal utama dalam menjalankan ibadah ditanah suci.

“Saya harap kepada bapak dan ibu yang akan menjalankan ibadah haji agar menjaga kesehatan, pola makan teratur, istirahat dan mengurangi aktivitas berlebihan,” pinta Bupati.

Lebih lanjut Bupati berpesan, agar para jamaah menjaga kekompakan ketika berada ditanah suci dan fokus dengan ibadah serta menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.

“Jangan tergiur dengan hal-hal lain, seperti berbelanja berlebihan, karena berdasarkan pengalaman banyak jamaah menghabiskan waktu untuk berbelanja, sehingga lalai, padahal tujuan utama beribadah. Semoga seluruh jamaah kita menjadi haji yang mabrur,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Nagan Raya, Hj Siti Zaidar yang ikut mendampingi Bupati, menjelaskan, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut kerjasama Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dengan PT Bank Aceh Cabang Jeuram.

“Medical check up ini gratis, tidak dipungut biaya, yaitu pemeriksaan darah lengkap. Kita juga menyiapkan beberapa alat test kesehatan lainnya seperti radiologi, EKG dan alat test jantung, karena kesehatan jantung paling utama,” jelas Siti Zaidar.

Menurut data yang diterima, katanya, total CJH Kabupaten Nagan Raya tahun 2022 sebanyak 35 orang, terdiri dari 15 laki-laki dan 20 orang perempuan dengan usia termuda 35 tahun, tertua 64 tahun.

Dalam kegiatan tersebut Turut hadir pada acara tersebut pihak PT Bank Aceh Cabang Jeuram, para dokter dan petugas medis lainnya. Kamis, 19/05/2022. ( * )