oleh

Peringati Hardikda Di Nagan Raya Dilaksanakan Dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Peringati Hardikda Di Nagan Raya Dilaksanakan Dengan Penerapan Protokol Kesehatan

 

Suka Makmue, -| Aceh HebatPemerintah Kabupaten Nagan Raya menggelar upacara Hari Pendidikan Daerah (HARDIKDA) ke-61 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Setdakab Nagan Raya, Suka Makmue, Rabu 2 September 2020.

Berbeda dengan pergelaran upacara pada tahun-tahun sebelumnya, upacara Hardikda kali ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan, yang mana seluruh peserta diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak (Physical Distancing).

Upacara Hardikda dipimpin oleh Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham, SE dan ikut serta didalamnya seluruh pimpinan Forkopimda setempat, Pejabat SKPK, ASN, guru dan para peserta didik diantaranya tingkat SMP/MTS serta Tingkat SD/MI, namun peserta yang diikut sertakan dibatasi guna menghindari adanya keramaian dan mencegah penularan covid-19.

Dalam amanatnya, Bupati H.M Jamin idham menyampaikan instruksi dari PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang mana peringatan Hardikda kali ini mengusung tema “Pendidikan Aceh dalam Adaptasi Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi”.

Adapun beberapa hal yang di Instruksikan PLT Gubernur Aceh dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dibawah naungan Pemerintah Kabupaten/Kota khususnya Kabupaten Nagan Raya diantaranya, meningkatkan mutu layanan PAUD yang menjangkau dan terjangkau semua komunitas anak usia dini, sehingga target pencapaian satu gampong satu PAUD dapat terpenuhi.

Kemudian, menyiapkan arah kebijakan strategis dan langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka meningkatkan mutu layanan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK).

Selanjutnya, memaksimalkan pelaksanaan penataan, pemerataan, peningkatan kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan, dan upayakan perlindungan bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

Lebih lanjut, meningkatkan mutu layanan dan standar kompetensi lulusan SMK dengan pemenuhan guru produktif, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja.

Selain itu juga, menuntaskan pelaksanaan program Revitalisasi SMA/SMK/MA melalui penyelarasan dan penguatan kerja sama dengan perguruan tinggi dan dunia industri, serta kerja sama antar lembaga terkait lainnya.

Memperkuat keberadaan pendidikan non-formal (pendidikan dayah, pendidikan kesetaraan, dan bimbingan kursus) dan meningkatkan peran perguruan tinggi dalam merealisasikan TriDarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

Seperti yang terlihat, upacara peringatan Hardikda di Kabupaten Nagan Raya berlangsung lancar. Rabu, 02/09 ( AA / Red )