by

Pengelola Perpustakaan Desa Di Nagan Raya Diberi Pelatihan Otomasi Pustaka Berbasis Web

Pengelola Perpustakaan Desa Di Nagan Raya Diberi Pelatihan Otomasi Pustaka Berbasis Web

 

Suka Makmue – | Aceh Hebat. Com. Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan memberikan pelatihan kepada pengelola pustaka Daerah dan Desa.

Pelatihan yang dilakukan atas kerjasama antara Dinas perpustakaan dan Kearsipan Nagan Raya dengan ALC (Aceh Library of Consultant) dari kota Banda Aceh itu dilaksanakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Suka Makmue, Rabu, 12 Agustus 2020.

Bersamanya juga turut hadir narasumber dan instruktur dari alumni Profil Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-raniry yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC) masing-masing, Arkin SIP, Wandi Syahputra SIP dan M. Zulkifli SIP.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 orang peserta itu akan berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 12-14 Agustus 2020, disana mereka akan diajarkan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan penggunaan aplikasi INLISLite V.3.

“Kedepan, untuk penelusuran informasi pengunjung perpustakaan tidak perlu lagi datang ke rak buku semua sudah diarahkan oleh sistem, cukup dengan mengakses OPAC yang disediakan oleh dinas perpustakaan dan Kearsipan Nagan Raya,”ujar Kabid Perpustakaan, Linda Yunita SKM, Rabu.

Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan melalui sistem otomasi di era digital ini, yang mana kehadiran teknologi perpustakaan sangat dibutuhkan.

“Selain meningkatkan citra perpustakaan juga mempermudah dan memaksimalkan pelayanan,”demikian ujarnya. Rabu, 12/08 ( * )