by

Pemkab Nagan Raya Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik. 

 

AHC | SUKA MAKMUE : Pemerintah Kabupaten Nagan Raya mulai terapkan tanda tangan elektronik (TTE) dilingkup pemerintah setempat. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah, Ir H Ardimartha, di Suka Makmue, Jum’at 4/3/2022.

Penerapan TTE ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Nagan Raya yang diwakili Sekretaris Daerah Ir H Ardimartha dengan Kepala Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, Jonathan Gerhard Tarigan secara online (daring) pada Februari lalu.

“Dengan TTE akan tercipta kemudahan bagi SKPK, karena di manapun mereka berada bisa menandatangani surat-surat,” ujar Sekda Ardimartha.

Ia menjelaskan, penerapan TTE tersebut dalam upaya mendukung pelaksanaan e-government (pemerintahan berbasis elektronik) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya.

“Dengan diimplementasikannya TTE, maka pelayanan publik akan lebih cepat, efektif, fleksibel, dan efisien,” kata Sekda.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Nagan Raya, Drs Said Amri, didampingi Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teuku Syamsul Bahri, MKom, mengatakan, TTE dimuat dalam sertifikat elektronik yang dikeluarkan oleh BSrE.

“Sertifikat yang bersifat
elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh penyelenggara sertifikasi elektronik, yaitu BSrE,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya telah
melakukan inovasi digital TTE. Untuk memilki TTE, para Kepala SKPK terlebih dahulu mendaftarkan ke Diskominfotik. Selanjutnya akan diproses dan didaftarkan
ke BSrE BSSN di Jakarta untuk mendapatkan verifikasi.

Menurut Said Amri, manfaat lain dari lahirnya kerja sama tersebut, surat dan dokumen yang ditandatangani tidak bisa dimanipulasi.

“TTE tidak bisa dimanipulasi, keamanannya sangat tinggi. karena setiap tanda tangan
terverifikasi secara digital di BSrE dan masing-masing pejabat diberikan password. Selain itu, dengan adanya TTE, kita juga bisa menghemat waktu, menghemat ruang,
dan menghemat penggunaan kertas/paperless,” pungkasnya. Jum’at. 5/03/2022  ( * )