by

Pemkab Nagan Raya Menyusun Renstra PD Di Fakultas Ekonomi USK Banda Aceh.

 

AHC| NAGAN RAYA : Dalam rangka mendukung upaya peningkatan kapasitas SDM aparatur dalam menyusun dokumen Rencana Strategis Perangkat Daerah (Renstra PD) Kabupaten Nagan Raya Tahun 2023-2026 yang baik.

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya gelar Pelatihan Penyusunan Renstra PD yang bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Kegiatan yang mengusung tema “Meningkatkan kapasitas perencanaan Nagan Raya cerdas dan professional” berlangsung selama 3 hari (27-29 Januari 2022) dalam hal ini pemerintah setempat bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jum’at, 28/01/2022.

Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, SE yang diwaliki Asisten Tata Pemerintahan Setdakab Nagan Raya, Zulfika, SH mengatakan kepada acehhebat.com pada saat pembukaan pelatihan Kamis, (27-01-2022) menyampaikan,yang bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah.

Zulfika menyebutkan, kepemimpinan kepala daerah Kabupaten Nagan Raya Tahun 2017-2022 akan berakhir pada bulan Oktober mendatang, secara otomatis dokumen perencanaan periode tersebut juga akan berakhir. Untuk itu, diperlukan dokumen perencaan selanjutnya.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah yang jabatannya berakhir pada tahun 2022, maka nantinya akan diangkat pejabat baru sampai terpilihnya Gubernur, Bupati dan Walikota definitif pada Pilkada 2024. Dan pejabat baru tersebut membutuhkan dokumen perencanaan daerah dalam menjalankan roda pemerintahannya,” jelas Zulfika.

Zulfika menambahkan, perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses untuk menentukan kebijakan masa depan melalui urutan pilihan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan guna pemamfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam waktu tertentu didaerah.

“Untuk memantapkan penyusunan Renstra PD ini, kami bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala. Dengan adanya pelatihan penyusunan ini kami sangat mengharapkan dapat meningkatkan kapasitas perencana Kabupaten Nagan Raya menjadi lebih cerdas dan professional. Sehingga Renstra PD Tahun 2023-2026 yang dihasilkan dapat dijabarkan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nagan Raya,” Ujar Zulfika.

Sementara itu, Kepala Bappeda Nagan Raya. T. Kamaruddin,SP.,M.Si dalam laporannya mengatakan kegiatan pelatihan Renstra PD Kabupaten Nagan Raya Tahun 2023-2026 dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu mulai 27 – 29 Januari 2022 yang bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

“yang menjadi Narasumber dan instruktur pada pelatihan ini ada 6 (enam) yaitu, Prof. DR. Raja Misbar,M.Sc,. Prof. DR. Faisal,SE.,M.Si,MA. DR. Rustam Efendi, M.Econ. DR. Aliasuddin. DR. Taufiq C Dawood,MA dan DR. Muhammad Abrar, M.Si,” Ucap Kamaruddin.

Sementara pesertanya sendiri, lanjut Ketua Bappeda, pada gelombang I ini berjumlah 32 orang yang berasal dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dilingkup Pemerintah Kabupaten Nagan Raya. Jum’at 28/01/2022. ( * )