oleh

Pemerintah Gampong Kandeh Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bangun Pagar Adat Dan Pemberian Bantuan Ternak.

Pemerintah Gampong Kandeh Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bangun Pagar Adat Dan Pemberian Bantuan Ternak.

 

Suka Makmue,  – | Aceh Hebat.  Pemerintah Gampong (Desa) Kandeh Kecamatan Seunagan Timur melalui Dana Desa (DD) tahun 2019 membangun pagar sepanjang 1.500 meter di setiap rumah warga setempat, hal itu dilakukan guna melindungi tanaman dan ternak warga setempat dari serangan hama.

“Sistem bangun pagar itu masing-masing bekerja pada tanah sendiri, itu dilakukan untuk mencegah hama kerbau kambing dan juga babi,”ujar Keuchik (Kepala Desa) Kandeh, Sofyan, Rabu 2 September 2020.

Sebelumnya pada Tahun 2018 dalam upaya peningkatan peternakan, Pemdes setempat memberikan bantuan satu ekor induk kambing kepada setiap KK gampong setempat.

“Setiap Dusunnya kami siapkan pejantan nya,” sebutnya.
Usai pemberian bantuan ternak itulah, dalam upaya membina dan melindungi peternakan warga Pemerintah Gampong Kandeh berinisiatif membangun pagar adat tersebut.

Program Tahun 2020 ini Rencana akan membangunan MCK untuk warga sekitar 36 unit, dengan harapan masyarakat Desa Kande selalu memelihara lingkungan dengan gaya hidup bersih dan sejahtera.

Dan untuk tahun 2021melalui DD akan mengusahakan halaman lingkungan rumah warga sekitar untuk ditanami palawija, sebagai upaya peningkatan ekonomi alternati . Rabu, 02/09 ( AA / Red )