oleh

Ir. H. Ardimartha Sampaikan Penjelasan KUA – PPAS Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2022.

 

AHC | NAGAN RAYA : Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham SE, diwakili Sekretaris Daerah, Ir H Ardimartha, sampaikan penjelasan terkait Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2022.

Penjelasan atau jawaban Bupati tersebut disampaikan menanggapi sejumlah masukan, saran dan pendapat Badan Anggaran (Banggar) dan pemandangan umum Fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat dalam Rapat Paripurna ke 3 Masa Persidangan III di Gedung Dewan, Jum’at 23/9/2022.

Terhadap pendapat Banggar Dewan, antara lain Bupati menjelaskan, terus berupaya secara maksimal dengan melakukan berbagai inovasi-inovasi 
yang melibatkan tenaga ahli yang kompeten, sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai dengan yang diharapkan serta memiliki landasan hukum yang jelas terkait pemungutannya.

Ditambahkan, upaya peningkatan PAD juga dilaksanakan dengan mempertimbangkan iklim investasi daerah yang tetap kondusif bagi peningkatan perekonomian daerah.

Menanggapi pendapat Fraksi Aceh Raya Bersama (ARB), diantaranya Bupati menyampaikan, bahwa anggaran yang telah disepakati dan dianggarkan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat terealisasi untuk meningkatkan kinerja masing-masing dalam mengoptimalkan pelaksanaan program yang telah dianggarkan untuk menghindari adanya sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) diakhir tahun anggaran.

Sementara atas pendapat Fraksi Golkar-SIRA, antara lain Bupati menjelaskan, dalam menentukan program prioritas daerah
setiap program yang disusun untuk setiap tahunnya tentu saja merupakan program-program hasil musrenbang yang berkesinambungan serta mendesak.

Terhadap pendapat Fraksi Partai Demokrat (FPD), Bupati Nagan Raya itu antara lain menjelaskan, penyusunan program dan kegiatan dalam Rancangan Perubahan KUA-PPAS sudah sesuai dengan amanat Pasal 161 Ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor  12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Rapat dihadiri 19 orang anggota dewan dan dipimpin Wakil Ketua II, Hj Puji Hartini ST MM, didampingi Wakil Ketua I, Dedy Irmayanda SP MM.

Pantauan awak media dalam kegiatan tersebut Turut di hadir unsur forkopimda, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala SKPK, Para Camat, Para Kabag Setdakab. Jum’at. 23 September 2022. (*)