by

H. M. Jamin Idham Bupati  Nagan Raya Tetapkan Hari Libur Hari Raya Idul Adha. 1443.H

 

AHC | NAGAN RAYA : Sambut hari besar islam, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya tetapkan hari libur bersama dalam rangka Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat.

Terkait hal tersebut Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham, SE telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 065/135/2022 Tanggal 4 Juli 2022 tentang Pelaksanaan Hari Libur Idul Adha 1443 Hijriyah/2022 Masehi.

Keluarnya SE Bupati Nagan Raya mengacu pada Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 061.2/899/2022 tentang Penetapan Hari Libur Idul Adha yang sudah diterbitkan beberapa hari sebelumnya.

Berikut beberapa poin penting dalam SE Bupati Nagan Raya, antara lain untuk pelaksanaan hari-hari besar Islam (Hari Raya) kepada ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Nagan Raya diberikan tambahan hari libur selama 2 (dua) hari yaitu hari Senin s/d Selasa tanggal 11 s/d 12 Juli 2022.

Kemudian, instansi pemerintah yang menerapkan pola lima hari kerja dalam seminggu, agar dapat memperhitungkan kembali jam kerja yang hilang akibat penambahan libur dimaksud dan menggantikannya pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2022 dan hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2022 mendatang.

Selanjutnya, bagi unit/satuan kerja organisasi yang berfungsi 6 (enam) hari kerja (Puskesmas) menambah jam kerja sebanyak 6,25 jam dalam seminggu selama 2 (dua) minggu dengan menambah jam kerja 1 jam 4 menit (64 menit) setiap hari selama 12 (dua belas) hari kerja.

Berikutnya, bagi unit/satuan kerja organisasi yang memberikan layanan langsung terhadap masyarakat dan mencakup kepentingan masyarakat luas (RSUD SIM, Puskesmas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, DLHK) agar dapat mengatur penugasan pegawai pada hari libur nasional dan cuti bersama yang ditetapkan, sehingga pemberian layanan kepada masyarakat dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Terakhir, khusus Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setdakab tidak diliburkan dan bekerja/melaksanakan tugas sebagaimana mestinya sehingga kegiatan tetap berjalan sesuai target yang telah ditetapkan.

Dalam SE tersebut, Bupati Jamin Idham juga mengingatkan, agar setiap pimpinan OPD bisa melakukan penegakan disiplin aparatur secara berkesinambungan dan meningkatkan pengawasan terhadap kehadiran serta kepatuhan jam kerja ASN setelah pelaksanaan hari libur dan cuti bersama dilingkungan kerja masing-masing.

Apabila terdapat pegawai yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas setelah pelaksanaan libur dan cuti bersama, untuk diambil langkah-langkah peningkatan disiplin sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tembusan SE tersebut juga disampaikan ke Mendagri, Menpan RB, Gubernur Aceh dan DPRK Nagan Raya. Senin, 4/07/2022 ( * )