oleh

H. Hamsuardi. S. Ag Bupati Pasaman Barat Provinsi Sumatra Barat Kunjungan Ke Nagan Raya.

 

AHC | NAGAN RAYA : Bupati Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat, H. Hamsuardi, SAg, melakukan kunjungan ke Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh, Rabu 14/12/2022.

Rombongan Bupati berjumlah 48 orang dan terdiri dari para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kalangan Ulama, jurnalis serta seluruh pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Pasaman Barat.

Mereka diterima dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Anjungan Pendopo Bupati Nagan Raya di Komplek Perkantoran Suka Makmue.

Kedatangan tamu dari Pasaman Barat disambut Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, SSos, MSi, yang diwakili Sekda Ir Ardimartha didampingi para asisten.

Pada kesempatan itu Bupati Hamsuardi menyampaikan maksud kedatangannya ke Nagan Raya.

“Kami kesini untuk menyambung silaturrahmi,” katanya.

Menurutnya, pembangunan di Nagan Raya kalau kami lihat sudah lebih maju dibanding Pasaman Barat. Disini, infrastrukturnya sudah lebih bagus.

Dikatakan, tadi setelah bincang-bincang, ternyata ada sedikit perbedaan yang menjadi penyebabnya.

Antara lain, lanjutnya, jumlah penduduk di lPasaman Barat mencapai 400 ribu jiwa lebih dan juga jumlah PNS-nya lebih banyak. Sementaranya jumlah sekolah SD, SMP dan SMA 400 unit, pondok pesantren 38 unit.

“Sehingga, dana kita disana sangat banyak digunakan untuk belanja pegawai. Sedangkan pembangunan lambat nampaknya dibanding dengan daerah lain,” terang Bupati Hamsuardi.

Tambahnya, kunjungan kesini pada hakikinya ingin melihat secara nyata bagaimana pelaksanaan ibadah-ibadah disini.

“Kami kesini ingin mengetahui bagaimana membina kehidupan beragama. Kami ingin melihat apa saja kewenangan yang dibuat Pemerintah Daerah, sehingga masyarakat bisa melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati.

Disebutkan, Pasaman Barat terdiri dari 11 kecamatan, 90 Nagari (desa) dan didiami beragam suku, spt Minang, Mandailing, Batak dan Jawa. Dalam bidang ekonomi disana hampir sama dengan disini, juga ada kebun sawit dan sebagainya.

Bupati Pasaman Barat juga minta Sekda menitipkan salamnya kepada Ibu Pj Bupati sekaligus mengundang suatu saat untuk datang ke Pasaman Barat.

“Kami juga mohon kepada Pemerintah Daerah kiranya batu giok itu bisa dibawa ke Pasaman Barat,” ungkap Bupati sambil tersenyum.

Sebelumnya, Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, melalui Sekda Ir H Ardimartha menyambut baik kedatangan mereka seraya minta maaf Ibu Pj Bupati tidak bisa bersama karena sedang melaksanakan tugas dinas diluar daerah.

“Barangkali hari ini hari cukup bahagia bisa bersilaturrahmi dengan bapak dan semuanya,” ujar Ardimartha.

Disisi lain, Sekda menyampaikan, masyarakat Nagan Raya juga sangat beragam dan dari Padang Sumatera Barat juga banyak disana.

“Insya Allah dengan kedatangan Bapak Bupati beserta rombongan di Nagan Raya kami berharap akan terus meningkatkan hubungan emosional, hubungan silaturrahmi antara kita, dan antara Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan Pasaman Barat,” pinta Sekda.

Selesai pertemuan, Bupati beserta rombongan melaksanakan Shalat Dhuhur di Masjid Giok dimana Bupati Pasaman Barat itu lebih dulu berkunjung, bahkan sempat melihat tempat pengolahan batu giok.

Hadir dalam pertemuan tersebut para kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), camat dan sejumlah pejabat lainnya dilingkup Pemerintah Kabupaten Nagan Raya.

Bahkan, turut hadir mantan Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, yang merupakan salah seorang sahabat Bupati H Hamsuardi selama ini. ( * )