by

Ditengah Pandemi Covid 19, Satgas TMMD Kodim Nagan Raya Budidayakan Komoditas Jahe Merah.

Ditengah Pandemi Covid 19, Satgas TMMD Kodim Nagan Raya Budidayakan Komoditas Jahe Merah.

Nagan Raya –  | Aceh hebat. Tak hanya menjalankan kegiatan fisik berupa pembuatan jalan penghubung antara Desa Tuwi Buya dengan Desa Kuta Trieng di Kecamatan Darul Makmur Nagan Raya sepanjang 1 kilometer dan beberapa gorong-gorong, personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-108 Kodim 0116/Nagan Raya, juga melakukan berbagai kegiatan non fisik, diantaranya mengajarkan warga setempat bercocok tanam, Sabtu (25/7).
Dalam kegiatan tersebut, personel Satgas TMMD Kodim 0116/Nagan Raya yang dipimpin langsung oleh Dan SSK Kapten Sugianto memberikan contoh dan mengajari tata cara bercocok tanam jahe merah kepada warga Desa Tuwi Buya.


Mayoritas masyarakat Desa Tuwi Buya mata pencahariannya adalah petani sawit, Berbicara petani sawit, rata-rata masyarakat tersebut tidak semuanya memiliki lahan sawit, “Rendahnya produktivitas akan tanaman sawit ini juga mempengaruhi pendapatan petani sawit swadaya dan akhirnya mempengaruhi modal perawatan tanaman.”

dalam rangka mendukung implementasi kebijakan Inpres, seperti pemetaan dan penguatan kelembagaan petani.. Satgas TMMD Kodim Nagan Raya mengajak masyarakat sekitar untuk tidak berpatokan pada sawit saja.

Pada kesempatan itu Dansatgas TMMD Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P, M.I, Pol., mengatakan, bukan tanpa alasan komoditas pertanian yang satu ini dinilai memiliki nilai juang yang tinggi, apalagi saat pandemic covid 19 ini.

Menurutnya penanaman jahe merah ini, menggunakan pupuk organik dan kompos yang juga diproduksi sendiri dengan memanfaatkan bahan yang banyak tersebar di masyarakat, anggota Satgas TMMD dilibatkan secara sukarela dan bergantian merawat tanaman ini.

Kita belum berpikir untuk menjual hasil panen jahe merah ini yang penting jika nanti berhasil bagus diharapkan masyarakat mau untuk mencoba budidaya jahe merah dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada, termasuk di seluruh Koramil dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya, ini Inovasi dan gebrakan agar masyarakat tertarik mengikuti nya, ditengah pandemic budidaya komoditas jahe merah ini memang cukup menjanjikan selain obat pendobrak stamina juga menguntungkan bernilai ekonomi tinggi, tutup Dandim. Sabtu, 25/07 ( re )