by

Diskominfotik Nagan Raya Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas SDM. 

AHC | NAGAN RAYA : Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) gelar workshop Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Mutu Statistik Kabupaten Nagan Raya, di Aula Bappeda setempat, Selasa 16/11/2021.

Kegiatan workshop tersebut dibuka Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, diwakili Sekretaris Daerah, Ir H Ardimartha didampingi Kepala Bappeda, T Kamaruddin, SP.,MSi. Peserta workshop para pejabat eselon III dan IV dilingkup Pemkab Nagan Raya.

Sekda Ardimartha, saat membuka acara, mengatakan, sebagaimana kita ketahui, penyediaan data statistik sektoral Nagan Raya terus kita tingkatkan dengan cara pengintergrasian data dari seluruh perangkat daerah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun koordinasi antara satuan kerja perangkat daerah selaku penyedia data dengan Dinas Kominfotik sebagai wali data yang bertugas melakukan kegiatan pengumpulan, pemeliharaan dan pemutakhiran data serta melakukan pertukaran dan penyebarluasan data,” sebut Sekda.

Kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan kualitas, serta yang dihasilkan satuan kerja perangkat daerah penyelenggaraan statistik dalam hal penyajian data yang aktual.

“Kemudian kami harapkan pula data yang terkumpul tersebut akan memudahkan Pemkab Nagan Raya dan Pemerintah Aceh dalam menyusun perencanaan pembangunan,” ujar Ardimartha.

Sebelumnya, Kadis Kominfotik, Drs Said Amri dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan itu antara lain Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).

“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar SDM aparatur yang membidangi data di masing-masing perangkat daerah dapat semakin terampil dalam mengelola data statistik sektoral,” ujar Said Amri.

Ia menambahkan, melalui workshop tersebut bisa menyatukan persepsi dan pemahaman tentang statistik sektoral daerah, sehingga menghasilkan data sekroral yang berkualitas dan dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien.

“Tujuan selanjutnya supaya SKPK memahami kewenangan masing-masing dalam rangka Satu Data Indonesia,” pungkas Kadis Kominfotik itu.

Hasil pantauan awak media yang sebagai Narasumber pada kegiatan itu Kepala BPS Nagan Raya Sardi, SE.,MSi, Kepala UPTD Statistik Diskominsa Aceh, Said Azhari, ST.,MSi dan Ghifari Azka Wali, S.Tr, Stat dari BPS Nagan Raya. Selasa, 16/11/2021. [ * ]