by

Disdukcapil Nagan Raya, Mulai Buat Kartu Indetitas Anak (KIA)

Disdukcapil Nagan Raya Mulai Buat Kartu Indetitas Anak. ( KIA)

Nagan Raya.-  Aceh Hebat.com. Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil ) Nagan Raya mulai bukak membuat Kartu Indetitas Anak ( KIA) mulai dibukak secara resmi  sejak bulai mei 2020. Kartu KIA tersebut dari 0 bulan sampai 17 Tahun kurang satu hari. Senin, 08/06/2020.

Kadisdukcapil Nagan Raya Mahlil, SE.M.Si. yang didampingi Kabid Dafduk Fia Sativa. SE menjelaskan tentan pembuatan KIA tersebut. Syarat untuk pengurusan Kartu Indetitas Anak ( KIA ) Akte Kelahiran Anak , KK, dan Photo copy KTP kedua orang tua. Untuk bagi anak yang berusia diatas 5 tahun wajib membawa pha photo ukuran 3×4. 1 lembar , Yang tangal lahirnyan tahun genap warna biru, sedangkan tahun lahirnya ganjil bewarna Merah. 08/06.

Harapan Kabid Dafduk Fia Sativa SE. Kepada Kepala desa ( Keuchik) dalam kabupaten Nagan Raya agar mengkumpul data Warga untuk mengurus tentang  pengurusan Kartu Indetitas Anak ( KIA) setelah terkumpul data yang lengkap Pihak Kasi pemerintahan desa yang bawak ke Disdukcapil Nagan Raya. harapan Kabid Dafduk .

Dari pantauan sejak dua pekan terakhir dinas tersebut harus melayani  dengan ruang terbatas dan di setiap masyarakat yang mengajukan permohonan dalam pembuatan keperluan penduduk tersebut harus mengisi agenda yang telah di sediakan.

Kadis Dukcapil Nagan Raya Mahlil SE.  M.si kepada Aceh Hebat mengatakan, pelayanan selama covid-19 melonjak dan staf pun sangat kurang akibatnya kwalahan tak terhindarkan, apalagi di Dukcapil rata-rata pengawai honor yang melakukan data baik masyarakat yang pindah dan masyarakat yang mengubah kk ataupun KTP .( Aa )

Apa lagi sekaran sudah mulai membuat Kartu KIA untuk anak usia 0 Bulan hingga umur 17 tahun kurang satu hari. Dalam pandemik ini,”kata Mahlil di Dampingi Sekretaris Kabid  Dafduk. Fia Sativa. SE. Senin, 08/06.

Mahlil menambahkan, pelayanan ini ada dua yang pertama pelayanan online menggunakan jaringan publik dan pelayanan secara langsung.Namun layanan tersebut tidak mengenal waktu dalam pelayanan ini sudah di buat jadwal untuk dapat memudahkan masyarakat dalam pengurusan misal diajukan satu hari dan itu harus di tuntas dan selesai supaya tidak ribet. Tutup Kadisdukcapil. 08/06( Acehhebat/ Re )