oleh

Di Hari HSP Ke 94 Sekda Nagan Raya Menyerahkan 6 (enam) Penghargaan Kepada Pemuda.

 

AHC  | NAGAN RAYA : Pemerintah Kabupaten Nagan Raya Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 94 pada tahun 2022. Yang bertempat di halaman kantor Bupati setempat. 

Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP.,S.Sos.,M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir.H.Ardimartha pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 94 tahun 2022. Jum’at (28/10/2022).

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 94 kali ini mengambil tema” Bersatu Bangun Bangsa”.

Pada kesempatan itu, Sekda, Ardimartha membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada
upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-94 tahun 2022.

Dalam amanat tersebut disampaikan, Peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Ujar Sekda

Dikatakan, sumpah pemuda 28 oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan
sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Imbuhnya

Sejarah telah menjelaskan
bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan, peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah
mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jelas Ardi

Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa, paparnya.

Selanjutnya, peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap NKRI selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaaan Indonesia. Papar Ardi.

Ardi menyampaikan, tema peringatan HSP saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa indonesia. Tandasnya

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang apa yang dilakukan oleh pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang,” imbuhnya.

Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk di rangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia emas tahun 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa. Jelas Ardi.

Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreatifitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. Tambahnya.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia dimasa yang
akan datang,” tutup Ardi.

Sebelumnya, Sekda menyerahkan 6 (enam) penghargaan kepada para pemuda Kabupaten Nagan Raya dalam kategori peraih penghargaan Wira Usaha Muda open yaitu Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jamaluddin, S.H. M.H.
Kategori Duta paskibraka dan Duta Pancasila Nasional perwakilan Provinsi Aceh tahun 2022, Nisa Ul Husna dari SMAN 1 Seungan.

Selanjutnya, M. Dafa Juara Harapan 3 MTQ tingkat nasional di Provinsi Bangka Belitung Tahun 2022 dari SMA Fajar Harapan Banda Aceh.

Kemudian, Nabila Al Fhed dari MAN Model Banda Aceh Peran Saka Nasional di Provinsi Bangka Belitung Tahun 2022, selanjutnya, Arie Saputra, S.H. M.H. Ketua MPC Pancasila Nagan Raya dan penghargaan juga diberikan kepada pemuda pelopor, Banta Diman, M, Si. Ketua KNPI Nagan Raya kategori publik speaking organisasi dan akademik.

Selain itu Kadisbudparpora Nagan Raya Fariky. SE. Ak. M.SI juga mengukapkan, dengan momen HSP Ke 94 pada tahun 2022 ini dengan mengambil tema ” Bersatu bangun Bangsa”

Dan dengan harapan kita bersama mari kita bangkit semangat Pemuda di Nagan Raya, pemuda adalah pelopor masa depan, ucap Fariky secara singkat.

Upacara HSP tersebut, turut hadir Para Forkopimda Nagan Raya, Ketua MPU, MAA, MPD, Kepala Baitul Mal, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Kepala SKPK, para Camat, Para Kabag, Kabid serta seluruh ASN dalam Lingkungan Pemkab Nagan Raya, TNI/Polri, Para Ketua Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa dan pramuka setempat. Jum’at 28/10/2022. ( * )