oleh

Bupati Nagan Raya H.M. Jamin Idham Sosialisasi Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Pajak (HPP) serta Program Pajak Sukarela (PPS)

 

AHC  | NAGAN RAYA : Bupati Nagan Raya H.M. Jamin Idham SE, membuka acara Seremonial Pekan Panutan, Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) tahun 2021 dan Sosialisasi Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Pajak (HPP) serta Program Pajak Sukarela (PPS) sekaligus penyampaian pokok pajak.

Pelaksanaan rapat kali ini bertema “Sinergi Kemenkeu Satu Memajukan Daerah”. Kegiatan ini berlangsung di Aula Setdakab Nagan Raya, Selasa (15/03/2022).

Pada kesempatan itu, Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham, SE dalam sambutannya mengatakan kegiatan pekan panutan pelaporan SPT merupakan salah satu bentuk keteladanan semua pihak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan sebelum batas waktu.

Bupati menjelaskan, bahwa pajak salah satu konstribusi masyarakat, peranan wajib pajak dapat dilihat pada penerimaan Anggaran Pendapat dan Belanja Kabupaten (APBK) terutama dari bagi hasil pajak penghasilan.

Ia menambahkan, diperlukan sinergi antara Pemerintah Kabupaten Nagan Raya baik dengan KPP Pratama Meulaboh maupun dengan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nagan Raya terutama dalam hal pertukaran data, sosialisasi peranan pajak lainnya.

“Kepada Aparatur Pemerintah dan masyarakat saya berharap untuk patuh dan taat pada kewajiban pajak, yang pada hakekatnya pajak ini merupakan untuk kesejahteraan dan kemajuan pembangunan di Nagan Raya dan pembangunan nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Meulaboh, Wahyudi menyampaikan, salah instrumen untuk mewujudkan keadilan sosial adalah dengan membayar pajak.

Karena menurutnya, dengan meningkatnya pembayaran pajak maka akan dapat membantu pembangunan daerah dan juga negara.

“Untuk SPT tahunan ini penting dan merupakan kewajiban kita sebagai warga negara,” ujar Wahyudi.

Wahyudi, berharap acara ini berjalan lancar dan sukses “Pajak Kuat Indonesia Maju,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut  Turut hadir pada acara tersebut unsur Forkopimda Nagan Raya, Sekda, Para Asisten, Kepala Balai Cukai Meulaboh, Para Kepala OPD, para Camat, dan pejabat lain dalam lingkup pemerintah Nagan Raya. Selasa, 15/03/2022. ( * )