oleh

Bupati Lepas 35 Orang  Calon Jamaah Haji Nagan Raya.

 

AHC | NAGAN RAYA : Pemerintah Kabupaten Nagan Raya lepaskan 35 orang  Jamaah Calon Haji (JCH) Nagan Raya tahun 2022 di Masjid Giok.

Pelepasan Jamaah Calon Haji tersebut dilakukan oleh Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham, SE, dengan diawali prosesi Peusijuk (menepung tawari) secara simbolis kepada Jamaah di dalam Masjid Giok Nagan Raya.

Selain bupati, jamaah haji juga ikut di peusijuk oleh Kakankemenag Nagan Raya dan pemangku adat yakni Ketua MAA setempat.

Kegiatan ini berlangsung di Mesjid Agung Baitul A’la (Mesjid Giok) Suka Makmue. Kamis (17/06/2022).

Pada kesempatan itu, Bupati Jamin Idham  mengingatkan dalam sambutan yang bahwa ada dua hal kepada para jamaah haji yang perlu dijaga sewaktu berangkat dan sesampai ke tanah suci.

Yang pertama sebut bupati, kepada jamaah agar benar-benar menjaga kesehatan. Karena menurutnya dengan kesehatan terjaga maka para jamaah bisa dengan lancar melaksanakan segala rukun haji. ungkapnya.

Kemudian yang kedua lanjutnya, sebelum berangkat, maka para jamaah diminta agar dapat meninggalkan semua kebiasaan dan lupakanlah semua hal yang ada.

“Saya minta kepada jamaah agar dapat meninggalkan kebiasan tentang hal-hal yang tidak baik, karena tujuan kita kesana adalah semata-mata melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Semoga kita menjadi haji yang mabrur,” Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Syari’at Islam setempat, H. Wahidin, SE melaporkan bahwa Calon Jamaah Haji yang berangkat pada tahun ini berjumlah 36 orang. Dikarena satu jamaah mengalami sakit maka menjadi 35 orang yang berangkat.

Selain itu, Wahidin juga mengatakan rombongan Jamaah haji Nagan Raya tergabung dalam Kloter 5 gelombang II.

Dikatakan, keberangkatan Jamaah Haji dari Kabupaten Nagan Raya akan menginap di Hotel Leading Banda Aceh kemudian pagi nya langsung menuju ke Asrama Haji Emberkasi. Imbuhnya.

“Jika tidak ada kendala apapun di perkirakan jamaah haji akan sampai di tanah suci pada tanggal 19 Juni 2022 hari minggu sekitar pukul 03.15 pagi waktu setempat. “Imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wahidin merincikan jumlah jamaah haji perkecamatan diantaranya, Kecamatan Darul Makmur 10 orang, Kecamatan Seunagan 8 orang, Kecamatan Seunagan Timur 6 orang, Kecamatan Suka Makmue 4 orang, Kecamatan Kuala 3 orang, Kecamatan Kuala Pesisir 2 orang, dan Kecamatan Tadu Raya sebanyak 1 orang.

Bupati, Jamin Idham juga ikut mengantar rombongan jamaah haji sampai ke Banda Aceh

Dalam pantauan acehhebat.com Turut menghadiri pada acara perlepasan Calon Jamaah Haji Forkompimda, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Kepala OPD, Kakankemenag, Ketua MPU,MPD, MAA,Para Camat, dan keluarga jamaah. Jum’at. 17 Juni 2022. ( * )