oleh

Warga Gampong Pedalaman Nagan Raya Merayakan Kanduri Maulid.

Warga Gampong Pedalaman Nagan Raya Merayakan Kanduri Maulid.

 

NAGAN RAYA   – ACEH HEBAT  : Warga Gampong Pedalaman Kandeh Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya  merayakan Kanduri Maulid tepatnya pada 16 Rabiul Awal di Mesjid  setempat. Senin   (2 /11)

Keuchik Gampong Kandeh   Sufyan mengatakan kepada awak media, melaksanan kanduri Maulid ini agenda tahunan dan hasil musyawarah dengan aparatur Gampong dan Masyarakat khanduri maulid tersebut selalu tepat pada 16 Rabiul awal.

Sufyan Kades Gampong Kandeh Kecamatan Seunagan Timur  memperingati Kanduri Maulid dan ada juga orang mengatakan milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi, merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad SAW atau kadang disebut sebagai Maulid Nabi bahkan Maulud saja merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Nah di Indonesia sendiri perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada Kamis 29 Oktober 2020 untuk penanggalan Masehi. 

Sufyan mengucapkan terimakasih kepada panitia, para pemuda , yang telah menyukseskan kanduri Maulid, dan juga terimakasih banyak kepada rombongan Zikir dari Gampong Kila Gampong Kabu Tunong. Gampong Pulo Teungouh dan Rombongan Zikir Ujong Baroh. alhamdulilah pada tahun ini meningkat hidang di bandingkan pada tahun yang lalu. Tutup Sufyan Keuchik Kandeh.

Maulid Nabi disebut Kenduri Maulod dalam bahasa Aceh. Hal ini untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai Pang Ulee Alam (penghulu alam).

Kenduri Maulod ini merupakan tradisi perayaan yang terbesar di Aceh karena hampir di setiap kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya.

Desa Kandeh Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya menyerahkan Kanduri Maulid tepatnya pada 16 Rabiul Awal. Senin (2 /11).