oleh

Pemuda Keude Linteung Nagan Raya DZikir Sambut Malam 12 Rabiul Awal.

 

AHC | NAGAN RAYA : Persatuan Pemuda Gampong Keude Linteung Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya Berdzikir Sambut Malam 12 Rabiul Awal. Malam Sabtu di meunasa Gampong setempat Jum’at 07/10/2022.

Keuchik Gampong Keude Linteung Zainal Abidin yang di sampaikan melalui Ketua Pemuda Agus Salim.RZ.S.Sos kepada awak media melalui WhatsApp.

Kegiatan Sambut malam 12 Rabiul Awal kegiatan rutin tahunan sedangkan Giat Khanduri maulid biasa kami laksanakan di rabiul Akhir.

Sebagai Khalifah Dzikir yakni, Saiful Bahri, Alam Syah, Hasmainor, Felfiadi, Tgk. Zainuddin, Tgk.Ridwan dan di bantu oleh Zainal Abidin ( Keuchik ).

Agus juga mengukapkan Berdasarkan kebiasaan di Jazirah Arab, pada Rabiul Awal buah-buahan mulai berbunga dan kemudian berbuah. Musim ini menjadi musim dimulainya tanam pertama menurut iklim negeri Arab. 

Setelah kedatangan Islam, Rasulullah SAW mengabadikan nama Rabiul Awal ini sebagai bulan ketiga dalam kalender Hijriyah. Setelah Rabiul Awal, bulan keempat Hijriyah dinamakan dengan Rabi’ al-Tsani atau Rabiul Akhir, yang artinya musim semi/gugur kedua karena musim semi yang masih berlangsung. 

Selain itu, Rabiul Akhir juga dimaknai sebagai ‘menetap’ (rabi’) yang terakhir. Dikatakan, bahwa pria Arab kerap menetap terakhir di rumah untuk kemudian mengadakan perjalanan dagang ke negeri-negeri jauh. Dalam Islam, bulan Rabiul Awal memiliki makna yang begitu penting.

Sebab, di bulan ini Rasulullah SAW lahir ke dunia. Nabi SAW lahir pada Senin, 12 Rabiul Awal, pada tahun gajah atau bertepatan dengan 23 April 571 Masehi, tepatnya dua bulan setelah pasukan gajah menyerang kota Makkah. 

Pada bulan ini juga Rasulullah  SAW beserta para sahabat melakukan perjalanan hijrah ke Madinah. Beliau sampai di Madinah pada 12 Rabiul Awal. 

Dalam Sirah Nabawiyah karya Syekh Shafiyurrahman Mubarakfuri disebutkan, Nabi SAW mulai berhijrah meninggalkan Gua Tsur pada malam Senin 1 Rabi’ul Awal tahun 1 Hijriyah. 

Nabi SAW kemudian sampai di Quba pada Senin, 8 Rabiul Awal, dan berdiam di sana selama empat hari. Kemudian, Nabi SAW memasuki Madinah pada 12 Rabiul Awal.

Selanjutnya, peristiwa yang menjadi duka bagi seluruh umat Islam dan alam semesta yang terjadi di bulan Rabiul Awal adalah wafatnya Nabi Muhammad SAW. 

Nabi SAW wafat pada Senin, 12 Rabiul Awal tahun 11 H. Beliau dimakamkan di bawah tempat tidurnya, tempat beliau meninggal dunia, di rumahnya di Madinah. Ucap Agus .Jum’at 07 / 10 / 2022. ( as)