oleh

M. Salem Keuchik Panton Pange Nagan Raya  Syahdatkan Islam Warna Nias

 

AHC | Nagan Raya  : Dahlan Seorang warga Berombang Medan, Telah Bersyahadat di Gampong Panton Pange, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Kamis (10, November, 2022).

Setelah tau adanya salah satu warganya yang masuk Islam, Muhammad Salem Keuchik Desa Panton Pange langsung berkoordinasi dengan masyarakat untuk melaksanakan acara Peusijuek (Syukuran) untuk memberikan pencerahan terhadap Dahlan yang telah menjadi seorang mualaf, adapun Dahlan adalah nama asli sebelum Mualaf yang kini mengubah namanya menjadi Muhammad Hidayah,

Pesijuek atau Syukuran ini terlaksanakan di Mesjid Baitul Imam Gampong Panton Pange. Peusijuek adalah sebuah prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Tradisi peusijuek ini dilakukan pada hampir semua kegiatan dalam kehidupan masyarakat di Aceh.

Kegiatan ini juga turut hadir Sih Gunawati Camat Tripa Makmur, dalam kesempatan itu “Sih Gunawati meminta kepada tokoh masyarakat untuk membimbing dan berikan support kepada Muhammad Hidayah yang baru saja memeluk agama Islam,” tutupnya

Adapun setelah pelaksanaan Pesijuek juga adanaya bimbingan dari Baitul Mal zainudin terhadap Mualaf , dan selanjutnya pemberian santunan anak yatim yang di berikan oleh bapak Keuchik Panton Pange. ( * )