oleh

Ganissa Salurkan Bantuan Untuk Korban Rob

 

AHC | PEMALANG : Bencana rob yang menerjang sejumlah desa di wilayah pesisir Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang membuat warga terdampak mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Sebab akses warga terganggu akibat air rob yang masih menggenangi. Akibat kondisi tersebut, keluarga Alumni SMAN 1 Pemalang yang tergabung dalam Ganissa Pemalang pun tergerak untuk memberikan sejumlah bantuan agar para korban dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Fahmi Arifan selaku Sekretaris Umum Ganissa mengatakan ada 101 paket bantuan yang disalurkan Ganissa untuk warga yang terdampak banjir rob. Paket bantuan itu terdiri dari bahan sembako, makanan ringan dan obat-obatan.

“Bantuan ini untuk membantu masyarakat Desa Pesantren yang terdampak rob,” ujarnya, Minggu (29 Mei 2022).

Adapun sasaran bantuan, kata Fahmi, ditujukan untuk warga terdampak di wilayah Dusun Sidomulyo Desa Pesantren. Penyaluran bantuan dilakukan komunitas Ganissa dengan datang langsung ke lokasi itu.

Bantuan secara simbolis diserahterimakan kepada Deswanto selaku Kepala Dusun 7 Sidomulyo mewakili Kepala Desa Pesantren, Nurokhim. Usai serah terima bantuan, anggota Ganissa kemudian meninjau sejumlah pemukiman di dusun setempat yang masih digenangi air rob.

Ditengah genangan, satu persatu paket bantuan itu pun diberikan anggota Ganissa kepada para korban. Dengan senyum bahagia, mereka pun mengucapkan terimakasih kepada anggota Ganissa atas bantuan yang telah mereka berikan.

Fahmi Arifan tidak menampik jika jumlah bantuan yang disalurkan ini belum menjangkau semua warga terdampak rob di wilayah lainnya. Namun dari hasil kolaborasi dengan Kepala Desa Pesantren, sambung dia, pemerintah desa setempat akan mencover bantuan di wilayah lainnya yang juga terdampak rob.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan sosial Ganissa, Muchammad Maksum, S.IP berpesan agar para korban diberi kesabaran atas musibah yang mereka alami dan semoga bencana rob ini segera selesai. Menurutnya, bencana rob merupakan fenomena alam yang terjadi setiap tahunnya.

Ia menandaskan bahwa Ganissa akan terus melanjutkan kegiatan-kegiatan sosial lainnya kepada warga yang tertimpa musibah. Tidak hanya rob, tetapi kegiatan sosial lainnya yang sekiranya masyarakat membutuhkan.

“Ganissa ini kan memberikan kegiatan sosial ya. Berkelanjutan. Tidak hanya saat ini juga tapi pada saat-saat kondisi dimana masyarakat mendapat musibah. Tidak hanya rob, tetapi kegiatan-kegiatan sosial lainnya yang sekiranya masyarakat membutuhkan,” pungkasnya. ( * )