oleh

Firtiany Farhas, Pj.Bupati Nagan Raya Kukuhkan Dewan Hakim MTQ Ke – XI. Tingkat Kabupaten

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Firtiany Farhas, AP, S.Sos, M.Si

 

 

ACEH HEBAT. COM | NAGAN RAYA : Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Firtiany Farhas, AP, S.Sos, M.Si secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XI tingkat kabupaten. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Dinas Syariat Islam kabupaten setempat, Rabu (23/11/2022) malam.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Fitriany mengatakan, MTQ ke XI tingkat Kabupaten Nagan Raya ini adalah ajang untuk menyaring dan mencari kader-kader terbaik yang akan menjadi wakil Kabupaten untuk MTQ Ke XXXVI tingkat Provinsi Aceh yang akan dilaksanakan di Kabupaten Simeulue pada tahun 2023 mendatang

“Apabila kafilah dari masing-masing kecamatan nanti berhasil menjadi kader terbaik dan menjadi juara di kabupaten, tentu akan menjadi wakil Nagan Raya untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Simeuleu ,” kata Fitriany.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan syiar islam yang bisa menggema sampai kepelosok, sekaligus menjadi barometer untuk mengukur kemampuan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kitab suci Al-Qur’an.

“Secara khusus, MTQ ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an di lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa pada umumnya. Selain itu juga ajang seleksi yang akan menghasilkan insan-insan Qur’ani dari putra dan putri terbaik Kabupaten Nagan Raya yang akan mewakili daerah ke ajang MTQ tingkat provinsi,” ucap Pj bupati.

Ia berharap, agar para dewan hakim dapat menjalankan amanah dengan baik dalam penjurian, sehingga nantinya dapat terpilih kader terbaik yang akan mewakili Kabupaten Nagan Raya.

“Untuk seluruh peserta MTQ, kami berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat,” imbuh Fitriany.

Pj bupati juga mengajak segenap panitia atau pedamping, supaya adanya perhatian dan pengawasan yang serius agar para peserta yang didominasi oleh anak-anak semangat dalam berjuang, untuk terwujud dan memperoleh apa yang diharapkan.

“Kepada peserta yang mendapatkan amanah nanti untuk berlaga di MTQ di tingkat provinsi, supaya dapat mendulang banyak mendali, untuk mengembalikan marwah Nagan Raya supaya dapat disegani kabupaten lain dalam hal MTQ ini,” harap Pj Bupati Fitriany.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Nagan Raya, H. Wahidin SE dalam laporannya menyebutkan, dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada keputusan Bupati Nagan Raya Nomor: 451.14/397/kpts/2022 tanggal 24 Oktober 2022.

Keputusan tersebut tentang pembentukan panitia pelaksana kegiatan MTQ XI tingkat Kabupaten Nagan Raya dan Nomor: 451/398/kpts/2022 tanggal 24 Oktober 2022 tentang penunjukan dan pengangkatan dewan hakim dan tim verifikasi pada MTQ ke XI tingkat kabupaten Nagan Raya.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari, mulai sejak tanggal 23 sampai 28 November 2022. Untuk lokasinya sendiri yaitu di Dinas Syariat Islam, Aula Setdakab, Aula SKB, dan Aula MUQ Nagan Raya,” jelas Wahidin.

Kadis Syariat Islam menambahkan, delapan cabang yang diperlombakan akan diikuti oleh 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Nagan Raya. Peserta dan official yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 500 orang. Hal itu berdasarkan hitungan perwakilan masing-masing kecamatan yang akan mengirimkan 50 orang peserta dan official.

“Untuk peserta terjauh dari Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Tripa Makmur dan yang dari Kecamatan Darul Makmur disedia penginapan oleh Dinas Syariat Islam,” ucap Kadis Syariat Islam Nagan Raya.

Tujuan kegiatan ini, selain untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi Al-Qur’an juga untuk penyeleksian Qari-Qar’iah tingkat kabupaten untuk diikut sertakan di tingkat provinsi pada tahun 2023 mendatang yang diadakan di Kabupaten Simeulue.

Kegiatan pembukaan MTQ XI tingkat Kabupaten Nagan Raya turut dihadiri Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Para Kepala SKPK, Ketua Baitul Mal, Kabag Prokopim Setdakab, para camat, para dewan hakim MTQ, dan puluhan para Kafilah.  Rabu,  23/11/2022. ( * )