oleh

Faisal Al-Qubsy,ST Pimpin Dewan Kesenian Aceh Kabupaten Nagan Raya.

 

ACEH HEBAT. COM | NAGAN RAYA :  Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Nagan Raya melalui Bidang Kebudayaan menyelenggarakan musyawarah daerah (MUSDA) Dewan Kesenian Aceh Kabupaten Nagan Raya. Kegiatan tersebut berlangsung, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan ini merupakan rangkaian musyawarah untuk memilih dan menyusun struktur organisasi kesenian serta budaya Kabupaten Nagan Raya sebagai penggerak kebudayaan dan pemikiran seni khas tradisional.

​Pada awal kegiatan, Kepala Bidang Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Nagan Raya, Bustami, S.Pd., M.Si., menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan. Dalam pidatonya, Kabid Kebudayaan menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan ini.

Menurut Kabid Kebudayaan, pelaksanaan musyawarah DKA ini adalah salah satu rangkaian visi dan misi kebudayaan untuk menentukan struktur pengurus Kesenian dan Kebudayaan.

kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui Sekretaris Disbudparpora Nagan Raya, Ajuanda S.Pd., Kadisbudparpora mengapresiasi penuh kinerja budaya dan berharap kesenian Kabupaten Nagan Raya dapat dikenal di kancah nasional hingga international.

“Peranan Seni dan Budaya merupakan salah satu identitas yang akan mencerminkan wajah Kabupaten Nagan Raya dimata nasional dan dunia. Seni dan budaya adalah pondasi untuk melahirkan generasi serta memperkokoh kualitas Kabupaten Nagan Raya seperti slogan yang selalu digaungkan “Agama Tapeukong, Budaya Tajaga”. Pungkas Pak Ajuanda

Sekretaris Disbudparpora disaat Menyampaikan sambutan Kadisbudparpora Nagan Raya, Fariky, S.E., M.Si, A.k. ​Musyawarah Daerah Dewan Kesenian-Aceh Kabupaten Nagan Raya Tahun 2022 telah menghasilkan sebuah kesepakatan untuk bersinergi penuh bagi kemajuan kebudayaan dan seni di Kabupaten Nagan Raya.

Dalam rangkaian musyawarah Daerah DKA Nagan Raya tahun 2022, tiga nama muncul sebagai calon ketua dewan kesenian Aceh Kabupaten Nagan Raya.

Adapun Calon yakni Saiful Anwar, Faisal A. Qubay, dan Raja Adam. Dari hasil voting yang dilakukan dari seluruh isi forum yang hadir, Faisal A. Qubay muncul sebagai kandidat dengan perolehan suara terbanyak yaitu 18 suara. Sedangkan Saiful Anwar berhasil meraih 6 suara dan Raja Adam memperoleh 9 suara.

Secara terpisah disaat dihubungi Kadisbudparpora Nagan Raya Fariky, S.E., M.Si, A.k. saat ini sedang berada di kota Sabang dalam agenda kegiatan mengikuti Rakor bidang Pariwisata dan kebudayaan Se-Provinsi  aceh.

Fariky mengucapkan Selamat kepada Ketua DKA terpilih, namun kita harap kedepan Kesenian di Nagan Raya, mulai dari sekarang mempersiapkan untuk kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh ( PKA)  tahun depan. ( * )