oleh

Distanak Nagan Raya Monitoring Kebun Bawang Nerah Cek Guh Rimueng Kila 

 

ACEH HEBAT. COM | NAGAN RAYA : Hidup seorang petani,dulu sering tanam Padi,dan Jagung namun kali ini Cek Guh Rimueng Kila mencoba tanamkan Bawang Merah yang di lokasi Desa Sawang Mane Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya. Selasa,6/12/2022.

Lahan untuk penanaman Bawang Merah lebih kurang 2 ( Dua ) hektar,dan program tersebut swadaya sendri bukan bersifat bantuan dari Pemerintah.kata Cek Guh kepada awak media.

Namun kata Cek Guh mencoba menguraikan langkah-langkah teknis yang perlu disiapkan untuk melakukan usaha budidaya bawang merah. Cara menanam bawang merah ini disarikan dari pengalaman para petani bawang yang sudah berpengalaman.

 


Terkait dengan Benih bawang merah cek Guh juga mengungkapkan Varietas benih untuk budidaya bawang merah cukup banyak. Ada benih lokal hingga benih hibrida impor.

Bentuk benihnya ada yang dari biji, ada juga berupa umbi. Kebanyakan budidaya bawang merah di sentra-sentra produksi menggunakan umbi sebagai benih.

Benih bawang merah yang baik berasal dari umbi yang dipanen tua, lebih dari 80 hari untuk dataran rendah dan 100 hari dataran tinggi. Benih bawang merah yang baik setidaknya telah disimpan 2-3 bulan. Ukuran benih sekitar 1,5-2 cm dengan bentuk yang bagus, tidak cacat, berwarna merah tua mengkilap.

Terkait cara Pengolahan tanah dan penanaman cek Guh juga mengatakan sesuai dengan pengalaman orang yang sudah sukses. Tanah dibuat bedengan dengan lebar 1-1,2 meter, tinggi 20-30 cm dan panjang sesusai dengan kondisi kebun. Jarak antar bedengan 50 cm, sekaligus dijadikan parit sedalam 50 cm.

Cangkul bedengan sedalam 20 cm, gemburkan tanahnya. Bentuk permukaan atau bagian atas bedengan rata, tidak melengkung. Ucap Cek Guh.

Pada hari ini hadir dari Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya bersama Staf Balai Penyuluhan Pertanian (BPP ) Seunagan Timur.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya yang disampaikan melalui Kasie Hortikultura Mukhlis.SP turut di dampingi dari Staf BPP Seunagan Timur yakni M.Luthfi Al -Hakim dan Suraya.

Mukhlis disaat hadir ke kebun Bawang Cek Guh melihat yang bahwa cara penanaman cukup Rapi,cara
Perawatan budidaya bawang merah

Lalu Mukhlis menjelaskan cara Penyiraman pada budidaya bawang merah hendaknya dilakukan sehari dua kali setiap pagi dan sore. Setidaknya hingga tanaman berumur 10 hari. Setelah itu, frekuensi penyiraman bisa dikurangi hingga satu hari sekali.

Tambah tentang cara Pemupukan susulan diberikan setelah tanaman bawang merah berumur 2 minggu. Jenis pupuk terdiri dari campuran urea, ZA, dan KCl yang diaduk rata. Komposisi masing-masing pupuk sebanyak 93 kg, 200 kg dan 112 kg untuk setiap hektarnya.

Pemupukan susulan selanjutnya diberikan pada minggu ke-5 dengan komposisi urea, ZA, KCl sebanyak 47 kg, 100 kg, 56 kg per hektar. Pemupukan diberikan dengan membuat garitan disamping tanaman.

Hindari dengan Pengendalian hama dan penyakit. Budidaya bawang merah mempunyai banyak jenis hama dan penyakit. Namun yang paling sering menyerang di sentra-sentra produksi adalah hama ulat dan penyakit layu. Tutup Mukhlis. Selasa, 6/12 /2022.( * )