oleh

Dibulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW Lembaga DPP RKCA Syahadatkan  Islam Warga Nias Satu Keluarga. 

 

AHC | NAGAN RAYA :  Dewan Pengurus Pusat Lembaga Rimueng Kila Center Aceh (DPP – RKCA) Aceh fasilitasi Syahadat satu keluarga asal Pulau Nias, Sumatera Utara di Ponpes Daarul Uluum Al Mukarramah, Desa Babah Krueng, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Jumat (07/10/2022).

Selain itu, RCKA beserta sponsor lainnya juga ikut menyalurkan paket Sembako, pakaian, keperluaan sekolah, Al-quran serta perangkat Salat bagi para Mualaf yang sebelumnya sudah duluan memeluk agama islam beberapa waktu lalu di Dayah tersebut.

Adapun, satu keluarga tersebut yang terdiri dari seorang kakek dan dua orang cucu. Masing-masing Sabarudi (45) Asmina (9) dan Gilang Samudera (5).

Kemudian, usai mengucapkan Syahadat di depan pimpinan dayah, Abi Husaini Ishak, ketiganya berganti nama dari Sabarudi menjadi Muhammad Sabaruddin, Asmina menjadi Annisa Mukhlisa dan Gilang Samudera menjadi Muhammad Gilang Samudera.

Untuk diketahui, Muhammad Sabaruddin sebelumnya beragama Kristen, menetap di Avdeling V, Gampong Cot Me Kecamatan Tadu Raya dan bekerja di PT Fajar Baizuri. Sedangkan kedua cucunya, Annisa Mukhlisa dan Muhammad Gilang Samudra merupakan Yatim Piatu yang tinggal bersamanya di barak perusahaan setempat.

Namun, sejak beberapa bulan lalu, kedua cucu Muhammad Sabaruddin diasuh oleh Devi Afnida yang merupakan pengurus DPP Lembaga Rimueng Kila.

Pendiri RKCA Agus Salim atau yang sering disapa Cek Guh melalui Ketua Umum, Agus Salim RZ, S.Sos mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan sesama Islam, apalagi ini untuk membantu satu sama lainnya, justru sangat dianjurkan dalam agama islam.

Agus berharap, semoga apa yang dikerjakan hari ini kelak menjadi suatu amalan bagi Kita semua. Disamping itu, ia juga berharap semoga kedepan DPP RKCA terus berbuat untuk dapat membantu masyarakat lainya.

Pada kesempatan itu, Agus Salim mengucapkan ucapan terimakasih kepada YBM UPK Ragan Raya, Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram, Perusahaan Tambang PT TBU, CV Sumber Mandiri Batu Alam Jaya (Pabrik Batu Giok) yang telah mensponsori acara ini.

“Harapan kami, semoga ke depan acara seperti ini terus berlanjut dan mampu menjalankan program-program mulia yang lainnya,” harapnya.

Dia juga menyampaikan kepada semua kalangan, baik pemerintah, perusahaan, serta masyarakat umum lainnya yang ingin menyalurkan Wakaf, infaq dan sadekah untuk para Mualaf, Lembaga RKCA siap untuk menyalurkan program tersebut kepada para mualaf.

Sementara itu, Yayasan Baitul Mal Unit Pelayanan Kegiatan (YBM UPK) PLN Nagan Raya yang di wakili Hidayat mengatakan, Ia atas nama PLN sangat berterimakasih kepada Lembaga RKCA dan pihaknya juga terus berupaya untuk membantu program program mulia yang sudah dijalankan oleh RKCA.

Ia menambahkan, pihaknya selama ini belum mengetahui terkait program yang sudah dijalankam oleh Lembaga RKCA.

“Alhamdulilla, kegiatan seperti ini sangat mulia, setelah kita mengikuti hari ini, Insyaallah kedepan kita akan terus berupaya untuk membantu program-program mulia lainnya,” ungkap Hidayat.


Disamping itu, Pimpinan Dayah Daarul Uluum Al-Mukarrah mengatakan, sejak hati ini kita semua sudah bersaudara, baik di dunia hingga ke akhirat nantinya.

Abi Mengatakan, Muhammad  Sabaruddin bersama dua orang cucunya telah kita syahadatkan dan digantikan nama islamnya.

“Muhammad Sabaruddin telah memeluk agama islam dengan hati yang lapang, dia berkeinginan memeluk agama islam dan tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun,” jelas Abi Husaini.

Abi Husaini juga menambahkan, bahwa Pak Sabaruddin juga bekerja di salahsatu perusahaan sawit yang ada di Nagan Raya.

Pada acara tersebut turut diberikan  Sembako serta kebutuhan lainnya kepada 9 orang mualaf yang sudah memeluk islam sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut Juga Hadir dari Kapolsek, Danramil, Camat Beutong, Camat Kuala Pesisir, dan PT TBU, Bank Aceh Syariah, CV Sumber Mandiri Batu Alam Jaya (Pabrik Batu Giok), Keuchik Babah Krueng, rombongan Majelis Taklim Babah Krueng dan warga setempat. Jum”at.07/10/2022. ( * )