oleh

Kesbangpol Aceh Gelar Sosialisasi P4GN Di Nagan Raya.

 

AHC | NAGAN RAYA : Badan Kesbanglol Aceh Bersama Kesbangpol Nagan Raya Gelar Focus Group Discussion ( FGD) pencegahan , pemberatasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika ( P4GN)  kegiatan tersebut berlansung di Aula PUPR Suka Makmue.

Acara tersebut di buka lansung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Aceh Drs. Mahdi Efendi yang diwakili Oleh Mustafa. S. Sos. M. SI  Kabid Ketahanan ekonomi Sosial Budaya dan Ormas Badan Keabangpol Aceh. Kamis,  15 September 2022.

Mustafa dalam sambutannya menyampaikan, sosialisasi P4GN mengukapkan Narkoba adalah obat berbahaya dan telah beredar secara populer di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Hampir seluruh rakyat Indonesia khusus . Ucap Mustafa. Secara singkat.

Kepala Badan Kesbangpol Nagan Raya Drs. Sayuti menambahkan terimalasih kepada Badan Kesbangpol Provinsi Aceh yang telah menspot program ini.

” Narkoba Adalah Musuh Kita bersama, ” dan Pemerintah Nagan Raya sering melakukan sosialisasi kepada pelajar,  dan pemuda, terkait Bahayanya pengunaan Narkoba.

Lanjut Sayuti, dalam sosialisasi tersebut sebagai Nara sumber Agusni Usman. ST. Ketua Umum DPD FOKAN  Aceh,  dan Tgk. Fauzi Pimpinan Dayah Darussa’adah Gampong Krung Ceh Kecamatan Seunagan juga Anggota MPU.

Agusni Usman, ST selaku Nara sumber mengatakan, Jika orang telah mengonsumsi narkoba, dan tiba-tiba tidak mengonsumsinya lagi, dia akan merasakan dorongan psikologis yang kuat untuk menkonsumsinya kembali.

Terdapat 3 macam narkoba; narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Narkotika akan mengakibatkan perubahan kesadaran, mengurangi dan menghilangkan rasa sakit dan  bisa menimbulkan ketergantungan (adiksi). Psikotropika mengubah susunan syaraf pusat sehingga mengganggu mental, dan mengubah perilaku.

Agusni juga mengatakan penanggulangan Narkoba
Penyalahgunaan narkoba seringkali menjadi sebuah masalah yang harus diatasi oleh pemerintah, Sosok inspiratif ini berusaha untuk menciptakan Aceh yang lebih baik .

Dengan cara Aturan ini lumayan menguntungkan karena dengan berkurangnya pengedar narkoba, jumlah narkoba akan berkurang. Maka, jumlah pelajar yang berpotensi untuk terkena narkoba pun akan menurun karena tidak adanya stok narkoba.

Upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan antara lain dengan Pertama, menyelenggarakan kompetisi film pendek dan musik bertema narkoba. Kedua, memberikan bimbingan konseling pada pelajar, khususnya yang broken home. Ketiga, menanamkan nilai bahwa narkoba itu berbahaya pada anak. Tutup Agusni

Dalam sosialisasi tersebut Agusni memberi pertanyaan kepada peserta, dan siapa yang cepat menjawab dengan benar . Agusni menyediakan puluhan Hadiah doorprize untuk para peserta sosialisasi Bahayanya pergunaan Narkoba.

Pantauan awak media yang hadir yakni,  Kepala Kesbangpol dan Linmas Nagan Raya Drs. Sayuti. Tokoh Pemuda, Lembaga IKAN, Siswa SMAN 1 Seunagan, Tokoh Perempuan, dan dari unsur MPU. Kamis,  15 September 2022. [*]