oleh

Camat Tripa Makmur Buka Secara Resmi Mubes Komunitas Mahasiswa Tripa di Banda Aceh

 

AHC -| NAGAN RAYA : Camat Tripa Makmur Dhamharius S.Pd Mengahidiri Musyawarah Besar (Mubes) Komunitas Mahasiswa Tripa (Komtri) yang di laksanakan di Aula Dekopinwil Banda Aceh, Minggu 26/03/2022.

Pada Acara Tersebut turut di hadiri para senior Komunitas Mahasiswa Tripa (Komtri), diantaranya, Wirduna, Darmawi Yusuf, M Hiban dan Khairul.

Camat Tripa Makmur Damharius dalam arahannya menyapaikan, jika kita tinjau dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa dari Tripa Makmur yang dapat mengakses pendidikan
sampai ke perguruan tinggi semakin meningkat, tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kita bersama yang menandakan bahwa pola pikir para pemuda dan pemudi tripa Makmur dalam memandang seberapa pentingnya pendidikan sudah mulai terbuka wawasannya.

“tentunya dengan momentum
ini juga kita harapkan agar para pelajar yang berasal dari Tripa Makmur dapat
memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya”ujarnya

Jika kita tinjau, dikatakan lagi dari tema mubes kita kali ini cukup menarik, yaitu
regenerasi kepemimpinan dalam mempersiapkan SDM yang kreatif menuju
era bonus demografi Indonesia, hadirin sebagaimana kita tahu bahwa bonus
demografi adalah momentum yang harus dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya dimana pada kondisi ini jumlah penduduk yang berada pada rentang usia produktif lebih banyak ketimbang penduduk yang di usia non-produktif.

“Tentunya jumlah penduduk yang berada dalam usia produktif harus juga diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga kita akan mampu untuk menciptakan peradaban yang lebih maju dan juga menjadi insan yang mampu memberi kontribusi positif terhadap lingkungan kita”ucapnya.

Dalam momentum ini juga, lanjut Damharius, kita harus sadar bahwa Indonesia mempunyai peluang yang sangat terbuka untuk menjadi negara maju, tentunya momentum ini tidak datang dengan serta merta datang kepada kita melainkan harus ada tindakan responsif dari setiap diri kita sehingga kondisi ini dapat kita manfaatkan dengan sebaik mungkin.

“tentunya adik2 sudah cukup paham betul
bagaimana kondisi daerah kita yang masih dalam tahapan pembangunan baik dari segi Infrastruktur maupun non infrastruktur, tentunya dalam hal ini masyarakat kita sangat mengharapkan agar munculnya tokoh2 berkualitas dari tempat asal kita yang mampu membawa semangat baru dalam menyongsong perubahan kedepannya”tuturnya

Lebih Lanjut ia berujar, Melalui hal inilah adik2 harus dapat memahami yang bahwa setelah adik2 menuntut ilmu disini harapannya suatu hari adik2 dapat kembali ke daerah asal dalam mewujudkan sistem sosial maupun kondisi perekonomian yang lebih baik bagi masyarakat kita.

“ingatlah Pendidikan tidak hanya berakhir Ketika kita tau saja, tetapi juga ilmu yang
telah kita dapat harus dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga konsep dari ungkapan belajar berkarya berbagi dapat kita capai dan kita rasakan manfaatnya sama-sama. Kemudian kami dari pihak kecamatan akan berusaha untuk selalu mendukung setiap kegiatan yang rekan2 laksanakan”tandasnya

Ia menambahkan, tentunya dari kegiatan yang dilaksanakan kita akan sama-sama merasakan dampaknya maka dengan hal
inilah kami harap agar Komtri dapat terus berkomunikasi dan menjaga hubungan baik dengan aparatur kecamatan maupun tokoh-tokoh desa serta masyarakat Tripa Makmur, setidaknya masyarakat tau bahwa komtri itu ada. Tak lupa juga saya turut mengapresiasi terhadap apa yang telah rekan2 perjuangkan selama ini.

“tentunya apa yang telah terjadi dapat dijadikan sebagai modal dalam membangun organisasi yang mampu mempunyai peranan yang signifikan terhadap jalannya interaksi sosial yang komunikatif di kalangan mahasiswa dan juga mampu memberikan dampak solutif dalam mengatasi problematika yang terjadi di masyarakat. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga ini dapat menjadi renungan bagi kita sama-sama dalam membenah diri semoga apa yang telah kita cita-cita kan selama ini dapat terwujud suatu hari nanti, Aamiin Ya Rabbal A’lamin”tutupnya. ( * )

 

Sumber : Kang Riyan. Barsela

Editor : Pimred.